Lowongan CPNS Dokter Spesialis di Blora Sepi Peminat

Febrian Chandra - detikNews
Rabu, 04 Agu 2021 17:45 WIB
Ilustrasi Tes CPNS
Foto: Ilustrasi/Luthfy Syahban
Blora -

Lowongan CPNS untuk formasi dokter spesialis di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, sepi peminat atau tidak ada yang mendaftar. Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Blora, Heru Eko Wiyono, mengatakan terdapat enam formasi dokter spesialis yang sepi pelamar.

"Sepi pelamar untuk enam formasi dokter spesialis di Kabupaten Blora. Yang terisi hanya di formasi spesialis dalam, dan spesialis jiwa," kata Heru saat dihubungi detikcom, Rabu (4/8/2021).

Keenam formasi CPNS yang sepi peminat itu adalah dokter spesialis bedah, spesialis mata, patologi klinik, radiologi, rehabilitasi medik dan spesialis THT.

Bukan hanya formasi CPNS formasi dokter spesialis saja yang nihil pelamar, di jalur PPPK non-guru di formasi dokter spesialis juga sama nihil pelamar. Di antaranya yakni, dokter spesialis anestesi, spesialis bedah, spesialis kulit dan kelamin, spesialis paru, spesialis syaraf dan penata anestesi juga nihil pelamar.

"Fenomena kekosongan pelamar di formasi dokter spesialis bukan terjadi di tahun ini saja. Saya juga heran kenapa sepi peminat, padahal untuk formasi-formasi yang telah disebutkan tadi juga diberikan fasilitas yang berbeda di antaranya rumah dinas," terangnya.

Menurutnya, sepinya peminat lowongan CPNS dokter spesialis sudah terjadi beberapa tahun ini.

"Tahun-tahun sebelumnya juga kosong terus. Sehingga tidak menutup kemungkinan tahun besok daripada tidak ada peminat atau pendaftar, akan dipakai formasi yang lain, atau yang ngabdi (honorer) siapa, itu nanti diusulkan di formasi yang akan datang," jelasnya.

Untuk penerimaan CPNS tahun ini, lanjut Heru, Blora membuka lowongan sebanyak 68 formasi. Hingga saat ini, jumlah pelamarnya sebanyak 2.406 orang. Sementara itu untuk penerimaan PPPK non-guru tahun ini, Kabupaten Blora membuka lowongan sebanyak 102 formasi. Hingga saat ini, jumlah pelamarnya sebanyak 509 orang.

(rih/ams)