Seluruh Polres di Jateng Gelar Vaksinasi Besok, Begini Cara Daftarnya

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Rabu, 04 Agu 2021 10:37 WIB
The doctor prepares the syringe with the cure for vaccination.
Ilustrasi vaksin Corona. (Foto: iStock)
Semarang -

Seluruh Polres di Jawa Tengah akan menggelar vaksinasi Corona atau COVID-19 bertajuk Vaksinasi Merdeka Candi serentak besok. Agar tidak terjadi kerumunan, masyarakat diminta mendaftar lewat Babhinkamtibmas atau Polsek setempat.

"Vaksinasi Merdeka Candi ini merupakan strategi vaksinasi yang akan dilaksanakan untuk merayakan Hari Kemerdekaan kita 17 Agustus. Targetnya per hari 4.000 vaksin dan di tanggal 17 Agustus, vaksinasi untuk mencapai dosis pertama diikuti dosis kedua tercapai. Tentunya ini menjadi semangat yang dalam kesempatan ini saya apresiasi," kata Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi dalam keterangan tertulisnya, Rabu (4/8/2021).

Ia berharap dengan vaksinasi tersebut bisa membantu percepatan tercapainya herd immunity. Namun ia menegaskan masyarakat tetap harus menjalankan protokol kesehatan meski sudah divaksin.

"Untuk di lapangan masyarakat yang sudah melaksanakan vaksin tetap protokol kesehatan, patuh terhadap masker, kami cegah laju pertumbuhan COVID-19. Alhamdulillah dalam beberapa hari ini terjadi penurunan, syaratnya laksanakan prokes dan vaksinasi," tandas Kapolda.

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Iqbal Alqudusy, menambahkan dari pengalaman terjadinya penumpukan saat proses pendaftaran, maka kali ini masyarakat bisa mendaftar ke babinkamtibmas atau Polsek terdekat. Nantinya Polsek yang akan memberi tahu jadwal vaksinasinya.

"Pendaftaran melalui babinkamtibmas atau melalui Polsek di tempat masing-masing dengan menunjukkan KTP. Nanti akan dibagi kupon shift jam pelaksanaannya agar tidak terjadi penumpukan," jelas Iqbal.

Target dari vaksinasi tersebut adalah 1.348.000 vaksin, dengan masing-masing polres minimal 4.000 vaksin per hari. Pembukaan akan dilakukan oleh Kapolri dan Panglima TNI di Semarang dan diikuti seluruh Polres lewat daring.

(sip/mbr)