Begini Update Penyekatan Jalan ke Pusat Kota Kudus Selama PPKM

Dian Utoro Aji - detikNews
Selasa, 03 Agu 2021 14:23 WIB
Ruas jalan menuju Kota Kudus yang dibuka sementara, Selasa (3/8/2021).
Ruas jalan menuju Kota Kudus yang dibuka sementara, Selasa (3/8/2021). (Foto: Dian Utoro Aji/detikcom)
Kudus -

Penyekatan jalan menuju Simpang Tujuh Kudus, Jawa Tengah akhirnya dibuka. Pembukaan arus jalan tersebut karena kini Kudus kini menerapkan PPKM level 3.

"Sementara uji coba dulu, mungkin nanti ada evaluasi dari pimpinan. Yang pertama ini nanti kita buka dulu (penyekatan menuju alun-alun simpang tujuh Kudus) nanti jam 6 sore kita ditutup lagi. Semuanya dibuka," kata Kasat Lantas Polres Kudus, AKP Galuh Pandu, kepada wartawan melalui sambung telepon, Selasa (3/8/2021).

"Mulai hari ini penyekatannya dibuka," sambung dia.

Dia mengatakan sebelumnya sejumlah ruas jalan menuju pusat Kota Kudus ditutup selama 24 jam. Jalan yang sebelumnya ditutup total meliputi jalan sekitar simpang tujuh, Jalan Sunan Kudus, perempatan Jember, Jalan Pemuda, Jalan Sunan Muria, perempatan SMPN 2 Kudus, Jalan A Yani, perempatan BNI, dan Jalan DR Ramelan.

"Itu nanti sampai jam 6 sore dibuka, malam ditutup, paginya dibuka lagi. Sebelum-sebelumnya kayak kemarin," ungkapnya.

Galuh tidak menutup kemungkinan akan menutup ruas jalan menuju kota Kudus kembali jika mobilitas masyarakat malah ramai.

"Nanti lihat evaluasi, kalau ramai lagi akan tutup lagi. Perkembangan seperti apa sambil menunggu pimpinan," lanjut dia.

Dia mengklaim selama adanya penyekatan, mobilitas masyarakat menurun. Hal tersebut, kata Galuh, terlihat kondisi di pusat Kudus yang sepi karena ada penyekatan tersebut.

"Penyekatan kemarin mobilitas sudah turun. Kalau persen tidak tahu, yang jelas di lapangan kita kerja di lapangan itu kita bisa melihat mobilitas mulai menurun apalagi malam hari. Sudah jelas menurun, sangat menurun dibandingkan sebelum ada PPKM sebelum Lebaran lah," ungkap Galuh.

Dalam wawancara terpisah, Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan Kudus sejumlah kegiatan masyarakat di Kudus pun dilonggarkan, termasuk dengan penyekatan ruas jalan menuju pusat Kota Kretek.

"Jadi ini dikasih untuk level 3 ya wis sudah terima kasih," ungkap Hartopo ditemui wartawan di Disnaker Kudus siang ini.

(sip/ams)