Tambah 65 Bed ICU, RSUP Dr Sardjito Butuh Tambahan Nakes

Jauh Hari Wawan S. - detikNews
Selasa, 27 Jul 2021 13:49 WIB
dr Eniarti, Dirut RSUP Dr Sardjito yang baru. (Sumber: Situs RSJ Soerojo)
Foto: dr Eniarti, Dirut RSUP Dr Sardjito yang baru. (Sumber: Situs RSJ Soerojo)
Yogyakarta -

RSUP Dr Sardjito di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) saat ini tengah membangun ruang untuk intensive care unit (ICU). Direktur RSUP Dr Sardjito Eniarti mengatakan pihaknya masih membutuhkan tambahan tenaga kesehatan (nakes).

"Penambahan SDM (sumber daya manusia,red) tentu ada. Nanti di sini yang bertanggung jawab adalah spesialis anastesi dengan konsultan intensive care (KIC)-nya. Jadi sudah punya subspesialistik di bidang intensive care," kata Eniarti di RSUP Dr Sardjito, Selasa (27/7/2021).

Eniarti menyebut di ruang ICU baru itu nantinya akan ditempatkan beberapa dokter spesialis.

"Selain nanti tim klinikal leader lainnya, seperti spesialis paru, spesialis penyakit dalam dan spesialis lainnya tentunya yang sesuai dengan tim klinikal leader yang ada," urainya.

Eniarti menyebut RSUP Dr Sardjito saat ini membuka pendaftaran untuk relawan-relawan dari tenaga kesehatan lainnya. Proses rekruitmen pun sudah berlangsung.

"Untuk keperawatan ini kita selalu melakukan relaksasi dan adanya rekruitmen untuk relawan-relawan dari tenaga kesehatan lainnya. Dan kami sudah melaksanakan sejak tanggal sudah dua minggu lalu untuk nanti khusus penambahan perawatan di ruangan ICU ini," ungkapnya.

Dia menegaskan, nantinya akan ada penyesuaian untuk orang-orang yang ditempatkan di ruang intensif. Sebab, menurutnya tak sembarang orang bisa ditugaskan di ruang ICU.

"Tetapi tentunya orang yang baru lulus langsung ditempatkan di situ berartikan perlu harus mix. Jadi antara perawat yang sudah mahir yang sudah kompeten dimix dengan relawan-relawan yang baru. Di ruang intensif care itu perlu kompetensi yang khusus," terang dia.

Sebelumnya diberitakan, RSUP Dr Sardjito akan menambah 65 bed ICU sehingga total menjadi 165 bed. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mentargetkan dalam 5 hari ke depan, proses pembangunan telah selesai.

"Di sini (Sardjito) akan dibangun minimal 65 bed untuk ICU. Lima hari ini akan selesai, sekarang tanggal 27 Juli, mudah-mudahan tanggal 2 Agustus sudah segera dapat kita selesaikan," kata Basuki di sela-sela kunjungannya di RSUP Dr Sardjito, hari ini.

(ams/mbr)