RSUP Dr Sardjito Bangun ICU, Menteri PUPR: Selesai 5 Hari

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Selasa, 27 Jul 2021 12:48 WIB
Menteri PUPR tinjau RSUP Dr Sardjito di Sleman
Foto: dok. Jauh Hari Wawan S/detikcom
Sleman -

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau progres pembangunan tambahan ruang ICU di RSUP Dr Sardjito. Ia mentargetkan dalam 5 hari ke depan, proses pembangunan telah selesai.

Basuki mengatakan dengan memanfaatkan salah satu lantai di gedung parkir ini, setidaknya akan ada tambahan 65 bed ICU di RSUP Dr Sardjito.

"Di sini (Sardjito) akan dibangun minimal 65 bed untuk ICU. Lima hari ini akan selesai, sekarang tanggal 27 Juli, mudah-mudahan tanggal 2 Agustus sudah segera dapat kita selesaikan," kata Basuki di sela-sela kunjungannya di RSUP Dr Sardjito, Selasa (27/7/2021).

Basuki mengatakan untuk alat kesehatan nantinya akan mulai didistribusikan tanggal 30 Juli. Ia berharap pada awal Agustus ICU ini bisa dioperasikan.

"Alkesnya nanti dari Menteri Kesehatan akan masuk tanggal 30 Juli, sehingga insyaallah 2 hari setelah itu tanggal 5 Agustus sudah bisa kita manfaatkan, dioperasikan," bebernya.

Menurutnya, perkembangan COVID-19 di Yogya masih tinggi. Ia pun mendapat mandat dari Presiden Joko Widodo dan Menko Marves Luhut Binsar P untuk memonitor dan mempercepat penyelesaian faskes di daerah-daerah yang membutuhkan.

"Tadi saya ke RS lapangan di Bantul, sekarang di Sardjito, dan selanjutnya ke isolasi terpusat di Kota Gede. Di Yogya ini ada sekitar 900 tempat tidur untuk isolasi terpusat," ungkapnya.

Menurut Basuki, Sardjito menjadi rumah sakit rujukan untuk Yogya Raya. Bahkan untuk warga dari kabupaten dan kota sekitarnya. Oleh karena itu, ia berharap tambahan fasilitas ini bisa memenuhi kebutuhan ICU di DIY.

"Saya mendengar di Yogya ini kebutuhannya minimalnya 200 tempat ICU yang tersendia sekitar 150 ICU, jadi kita tambahkan ini mudah-mudahan bisa menambahkan fasilitas ICU untuk Yogyakarta Raya," pungkasnya.

(prf/ega)