RSUP Dr Sardjito Tambah ICU, Total Jadi 165 Bed

Jauh Hari Wawan S. - detikNews
Selasa, 27 Jul 2021 13:35 WIB
RSUP dr Sardjito Yogyakarta
Foto: RSUP dr Sardjito Yogyakarta (Jauh Hari/detikcom)
Sleman -

RSUP Dr Sardjito di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam proses menambah 65 bed ICU untuk perawatan para pasien. Pembangunan ruangan ini pun tengah dikebut untuk penanganan pasien virus Corona atau COVID-19.

"Kapasitas ini 65 tempat tidur. Sekarang kita di Sardjito itu ada sekitar 100. Jadi dengan penambahan ini akan menjadi sekitar 165 bed ICU," kata Dirut RSUP Dr Sardjito, Eniarti, Selasa (27/7/2021).

Eniarti menyebut tambahan ruang ICU ini tak hanya digunakan untuk merawat pasien Corona. Tapi juga dilengkapi dengan ruangan khusus hemodialisa.

"Dimana yang 65 ini ada dua untuk ruangan hemodialisa jadi untuk pasien COVID-19 yang cuci darah. Kan banyak juga saudara kita yang terpapar COVID-19 tapi harus cuci darah yang saat sekarang kan memang sulit untuk mendapatkan pelayanan tersebut," jelasnya.

Menurut Eniarti, setidaknya DI Yogyakarta membutuhkan sekitar 250 bed ICU. Hal itu berdasarkan pemetaan kondisi pasien COVID-19 yang dilakukan oleh Dinkes DIY.

"Jadi dari data yang diambil dari dinas kesehatan provinsi sehingga DIY itu membutuhkan sekitar 250 tempat tidur dengan kriteria intensif care," ungkapnya.

Eniarti mengatakan, sesuai arahan Menteri PUPR nantinya ICU ini bisa digunakan oleh masyarakat wilayah Yogya Raya yang membutuhkan.

"Ini digunakan untuk ruangan intensif care jadi untuk ICU. Tadi kan dari Pak Menteri (PUPR) sudah menyampaikan ini dimanfaatkan untuk masyarakat Yogyakarta Raya, istilahnya tadi seperti itu. Jadi untuk masyarakat yang membutuhkan tempat perawatan insentif care," terangnya.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau progres pembangunan tambahan ruang ICU di RSUP Dr Sardjito. Da menargetkan dalam 5 hari ke depan, proses pembangunan telah selesai.

"Di sini (Sardjito) akan dibangun minimal 65 bed untuk ICU. Lima hari ini akan selesai, sekarang tanggal 27 Juli, mudah-mudahan tanggal 2 Agustus sudah segera dapat kita selesaikan," kata Basuki di sela-sela kunjungannya di RSUP Dr Sardjito, hari ini.

Simak juga 'RSUP dr Sardjito Ubah Lahan Parkir Jadi ICU, Tambah Iso Tank 20 Ton':

[Gambas:Video 20detik]




(ams/mbr)