Cair, Lur! Bansos Tunai untuk 63 Ribu Warga Solo Mulai Dibagikan

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Senin, 26 Jul 2021 19:50 WIB
Poster
Ilustrasi bansos Corona (Foto: Edi Wahyono)
Solo -

Bantuan Sosial Tunai (BST) dari pemerintah pusat untuk 63 ribu warga Kota Solo mulai cair hari ini. Proses pembagian diprediksi bakal berlangsung lebih lama dibandingkan dari penyaluran bansos sebelumnya.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Solo, Tamso, mengatakan pembagian BST kali ini menggunakan protokol kesehatan yang lebih ketat. Pembagian BST yang biasanya rampung 1-2 hari, kali ini diperkirakan selesai 4 hari bahkan lebih.

"Misalnya satu kelurahan dengan 400 penerima, itu biasanya sehari selesai. Tapi kali ini kita bagi 100 orang per hari, biar lebih kondusif," kata Tamso di Balai Kota Solo, Senin (26/7/2021).

Selain itu, warga yang kesulitan untuk hadir ke kelurahan akan mendapatkan kemudahan. Panitia akan mengantarkan bantuan tersebut ke rumah warga.

"Untuk kelompok rentan, lansia yang tidak bisa datang akan diantarkan oleh petugas," ujar dia.

Tamso menjelaskan bahwa 63 ribu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan memperoleh uang tunai sebesar Rp 300 ribu untuk sebulan. Mereka akan langsung menerima bantuan untuk dua bulan ditambah beras 10 kilogram.

Selain program BST, ada sekitar 30 ribu warga penerima Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) dan 16 ribu penerima Program Keluarga Harapan (PKH). Melalui dana APBD Kota Solo, pemkot juga bakal menyalurkan bantuan untuk sekitar 40 ribu orang.

Sekretaris Daerah Solo, Ahyani, mengatakan hingga kini pemkot juga masih terus menerima bantuan dari berbagai pihak. Misalnya hari ini, Pemkot Solo menerima 9 ribu paket beras atau senilai 45 ton dari Perkumpulan Masyarakat Surakarta (PMS).

"Bantuan ada banyak, dari bank, PMS, ormas. Nanti juga ada bantuan dari istana, bentuknya beras juga. Semua akan kita salurkan setelah program dari pusat selesai," kata Ahyani.

Sementara itu, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengatakan telah mengecek langsung pelaksanaan pembagian BST hari ini. Menurutnya, pembagian berjalan sesuai rencana.

"Lancar, lancar, tadi saya cek ke Sumber, Keprabon, lancar. Nanti terus dibagi sampai tanggal 29 Juli," kata Gibran.

(rih/mbr)