Dokter di Puskesmas Banguntapan-2 Bantul Gugur Diserang Corona

Pradito Rida Pertana - detikNews
Sabtu, 24 Jul 2021 12:33 WIB
Jenazah dr Zohal Budi Santosa dibawa menuju pemakaman.
Jenazah dr Zohal Budi Santosa dibawa menuju pemakaman. (Foto: Dok. Dinas Kesehatan Bantul)
Bantul -

Seorang dokter yang bertugas di Puskesmas Banguntapan 2 di Bantul, DIY, meninggal akibat terpapar COVID-19. Dengan kejadian tersebut, dalam sepekan ada 2 tenaga kesehatan (nakes) di Bantul yang wafat akibat terpapar virus Corona.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul Agus Budi Raharja menjelaskan, dr Zohal Budi Santosa (50) sempat beberapa hari menjalani perawatan di RS Elisatbeth Ganjuran karena terpapar COVID-19. Namun, akhirnya dr Zohal dirujuk ke RS Panti Rapih Yogyakarta karena kondisinya yang semakin memburuk.

"Beliau menghembuskan napas terakhirnya di (Rumah Sakit) Panti Rapih Yogyakarta pada Jumat (23/7) malam. Beliau pejuang dan beliau terpapar COVID-19 saat menjalankan tugasnya," ucapnya saat dihubungi wartawan, Sabtu (24/7/2021).

Jenazah dr Zohal telah dimakamkan di pemakaman Jatimulyo, Kalurahan Kricak, Kemantren Tegalrejo, Kota Yogyakarta dengan protokol COVID-19, hari ini. Almarhum dr Zohal meninggalkan seorang istri dan belum dikarunia anak.

Lebih lanjut, Agus Budi Raharja mengungkapkan wafatnya Zohal menambah daftar nakes di Bantul yang wafat akibat terpapar COVID-19. Menurutnya, dalam sepekan ada 2 nakes yang wafat akibat COVID-19.

"Jadi dalam waktu dua hari kami kehilangan dua nakes, seorang perawat dan seorang dokter," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, seorang tenaga kesehatan (Nakes) di Rumah Sakit Panembahan Senopati (RSPS) Bantul meninggal setelah terpapar COVID-19. Selain itu, ada 130 nakes di RSPS yang terpapar virus tersebut.

Nakes bernama Widodo Lestari (46) tersebut terpapar COVID-19 saat menjalankan tugasnya sebagai perawat di bangsal bedah. Sempat dirawat itensif selama 10 hari, namun akhirnya Widodo meninggal dunia, 22 Juli lalu.

Lihat juga Video: 16 dari 26 Dokter yang Gugur Belum Vaksinasi Sinovac Secara Lengkap

[Gambas:Video 20detik]



(mbr/mbr)