Termakan Hoax Demo Tolak PPKM Darurat, 59 Remaja Diamankan di Brebes

Imam Suripto - detikNews
Rabu, 21 Jul 2021 15:13 WIB
Polisi mengamankan 59 orang remaja yang termakan hoax demo tolak PPKM Darurat di Brebes, Rabu (21/7/2021).
Polisi mengamankan 59 orang remaja yang termakan hoax demo tolak PPKM Darurat di Brebes, Rabu (21/7/2021). Foto: Imam Suripto/detikcom
Brebes -

Polisi mengamankan 59 orang remaja yang mengaku akan mengikuti demo tolak PPKM Darurat di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Para remaja ini termakan berita bohong atau hoax terkait akan adanya demo di kawasan Alun-alun Brebes hari ini.

Puluhan remaja yang diamankan mayoritas adalah pelajar tingkat SMP dan SMA. Dari 59 orang yang diamankan, 9 orang di antaranya adalah perempuan.

Para remaja ini datang ke alun-alun dengan mengendarai sepeda motor dan angkutan umum. Mereka diamankan di beberapa tempat berbeda. Sebagian besar remaja ini dicegat di pos-pos penyekatan PPKM Darurat.

Kapolres Brebes AKBP Faisal Febrianto menjelaskan, puluhan remaja itu datang ke alun-alun karena ada ajakan demo tolak PPKM Darurat melalui media sosial.

"59 orang ini diamankan karena akan mengikuti demo soal PPKM Darurat. Mereka terprovokasi berita hoax soal ajakan yang beredar di media sosial," kata Faisal kepada wartawan, Rabu (21/7/2021).

Dia menegaskan akan mencari dalang dari beredarnya hoax soal demo penolakan PPKM Darurat ini.

"Kita akan mencari dalang dari penyebaran berita bohong ini," ujarnya.

Sementara itu, petugas pos penyekatan Brebes Barat, Iptu Ibnu Setiadi, mengatakan ada belasan remaja yang diamankan di pos Brebes Barat. Remaja ini datang ke alun-alun karena terpengaruh hoax yang beredar di media sosial.

"Saat dihentikan di pos Brebes Barat, kami sita HP-nya. Kemudian dicek ternyata memang ada ajakan demo menolak PPKM hari ini di alun-alun. Mereka datang ke alun-alun mau bergabung untuk berdemo," kata Ibnu.

Seorang pelajar yang ikut diamankan, inisial A (15), mengaku dirinya diajak teman sekolahnya melalui pesan berantai yang beredar di media sosial.

"Diajak sama teman. Katanya hari ini mau ada demo di alun-alun. Tapi saya hanya pengin lihat demo saja," akunya.

Simak juga 'Polisi Ciduk Penyebar Hoax Ricuh Pasar Jagastru Kota Cirebon':

[Gambas:Video 20detik]



(rih/sip)