Pemotongan Hewan Kurban di Magelang Ini Pakai Restraning Box, Seperti Apa?

Eko Susanto - detikNews
Rabu, 21 Jul 2021 12:16 WIB
Rumah Pemotongan Hewan (RPH) di Kota Magelang pakai alat restraining box, Rabu (21/7/2021).
Rumah Pemotongan Hewan (RPH) di Kota Magelang pakai alat restraining box, Rabu (21/7/2021). (Foto: Eko Susanto/detikcom)
Kota Magelang -

Pemotongan sapi kurban Idul Adha di Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Magelang, Jawa Tengah, menggunakan alat restraining box. Alat ini digunakan untuk bisa melakukan penanganan lebih mudah dan menjamin kesejahteraan hewan (kesrawan).

Kepala UPTD RPH dan Laboratorium Kesmavet, Dinas Pertanian dan Pangan Kota Magelang, drh Diana Widiastuti, mengatakan pemotongan hewan kurban dengan alat ini baru kali ini dilakukan.

"Untuk pemotongan hewan kurban baru tahun ini. Tahun kemarin belum ada alatnya," katanya saat ditemui di sela-sela proses pemotongan hewan kurban, Rabu (21/7/2021).

Dengan penggunaan restraning box, katanya, hewan kurban yang akan dipotong tidak stres. Hal itu disebutnya juga berpengaruh terhadap kualitas dagingnya.

"Kalau sapi stres itu dagingnya merah gelap dan nanti kalau dimasak alot," ujarnya.

Pantauan di lokasi, sapi yang akan dipotong dituntun masuk ke dalam alat ini. Kemudian, kaki sapi tersebut diikat.

Setelah kaki sapi terikat, alat ini akan merebahkan sapi dengan posisi kepala persis di atas saluran air. Saat kepala persis di atas saluran air ini, sapi siap dipotong.

Diana menjelaskan hanya sapi dengan berat tak lebih dari 500 kg yang bisa masuk di alat ini.

"Sapi ukuran sedang. Di atas 600 kg (nggak muat). Kami punya rencana untuk dibesarkan," tuturnya.

Sedangkan menurut Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Magelang, Eri Widyo Saptoko, mengatakan RPH Kota Magelang mempunyai dua unit restraining box. Adapun alat ini dulunya dibeli dengan harga Rp 86 juta per unit.

"Per unit (membutuhkan daya) listrik 600 watt," katanya dalam pesan singkatnya.

Kepala Bidang Peternakan dan Perikanan, Dinas Pertanian dan Pangan Kota Magelang, drh Hadiono, menambahkan pemotongan hewan kurban dilakukan mulai hari ini sampai Jumat (23/7) mendatang.

(sip/mbr)