Ratusan Formasi CPNS-PPPK Non Guru Kulon Progo Masih Kosong

Jalu Rahman Dewantara - detikNews
Selasa, 20 Jul 2021 11:05 WIB
CPNS 2021
Ilustrasi CPNS 2021 (Fuad Hasim/tim infografis detikcom)
Kulon Progo -

Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengungkapkan ada ratusan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) non guru di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, belum memiliki pelamar atau nol pelamar. Totalnya ada 131 formasi.

"Iya memang ada yang masih kosong, yaitu 61 formasi CPNS dan 70 formasi PPPK non guru," ungkap Kepala Bidang Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan, BKPP Kulon Progo, Raden Trusta Hendraswara, kepada wartawan Selasa (20/7/2021).

Kebanyakan formasi yang masih kosong ini adalah jabatan tenaga kesehatan baik yang ditempatkan di Puskesmas maupun rumah sakit pemerintah. Sisanya adalah jabatan teknis non-nakes, untuk ditempatkan di instansi seperti Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Perhubungan, Dinas Tenaga Kerja, hingga BKPP.

Trusta tak tahu pasti alasan kekosongan tersebut. Namun menurutnya hal ini bisa saja disebabkan karena pelamar sengaja belum memasukkan data ke dalam sistem pendaftaran seleksi calon Aparatur Sipil Negara (ASN) seiring dengan adanya perpanjangan pendaftaran hingga 26 Juli 2021 mendatang.

Sebelumnya pendaftaran seleksi ASN dibuka sejak 30 Juni - 21 Juli 2021. Kemudian Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui Kepala BKN mengeluarkan surat nomor 6201/B-KS.04.01/SD/K/2021 perihal penyesuaian jadwal tahapan pelaksanaan seleksi calon ASN Tahun 2021, di mana pendaftaran diperpanjang hingga 26 Juli mendatang.

"Sehingga mereka masih wait and see, apalagi ada kabar nantinya pelamar bisa melihat jumlah pelamar masing-masing formasi," ucapnya.

"Sebaiknya pelamar tidak menunggu batas akhir karena dikhawatirkan terjadi crowded. Lebih baik kalau dokumen persyaratan sudah lengkap segera di-submit," sambungnya.

Untuk diketahui Kulon Progo membuka 775 formasi. Rinciannya 383 formasi PPPK guru, 263 formasi PPPK non guru (nakes), 95 formasi CPNS tenaga teknis dan 34 formasi CPNS nakes. Sementara BKPP Kulon Progo mencatat hingga hari ini pukul 07.00 WIB, jumlah pelamar yang mengisi formulir sebanyak 1.933 dan yang sudah submit sebanyak 1.152 pelamar.

(sip/sip)