Terpopuler Sepekan

Gibran Rakabuming Positif Corona, Bekerja dari Tempat Isolasi

Ari Purnomo - detikNews
Sabtu, 17 Jul 2021 10:15 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (Foto: Ari Purnomo/detikcom)
Solo -

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengumumkan kondisinya positif virus Corona atau COVID-19. Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu terkonfirmasi positif COVID-19 usai melakukan tes PCR di RS Bung Karno (RSBK), Solo.

"Saya kan rutin antigen dan kebetulan kemarin antigen saya negatif. Tetapi, saya tidak percaya dengan hasil itu kemudian saya suruh teman dari RSBK (Bung Karno) untuk PCR dan hasilnya positif," kata Gibran saat jumpa pers via Zoom, Rabu (14/7/2021).

Hanya saja Gibran tidak menjelaskan secara detail mengapa dirinya tidak percaya dengan hasil tes swab antigen yang sudah rutin dilakukannya itu. Gibran hanya menyampaikan, hasil tes PCR itu keluar Senin (12/7).

"Kalau tidak salah hasilnya keluar Senin (12/7/2021) pagi, saya langsung memisahkan diri. Tapi teman media tidak perlu takut, ini saya dalam keadaan sehat tidak ada gejala apapun," ungkap dia.

Setelah dinyatakan positif Corona, tracing dilakukan terhadap sejumlah orang dekat yang melakukan kontak erat dengannya, termasuk istri, Selvi Ananda dan anaknya, Ethes dan La Lembah Manah. Dari hasil tes yang dilakukan, semuanya dinyatakan negatif.

"Alhamdulillah, ajudan sopir ini masih negatif semua. Anak, istri, ajudan dan driver semuanya negatif semua," kata Gibran.

Gibran menambahkan, dirinya menjalani isolasi mandiri dan tetap melakukan pekerjaannya sebagai Wali Kota Solo secara daring.

"(Sampai kapan isolasi?) Minggu depan isolasinya, tunggu instruksi dari Bu Ning (Kepala Dinkes Solo) saja," kata Gibran.

Namun Gibran enggan mengungkap di mana lokasi dirinya menjalani isolasi mandiri.

"Yang jelas saya sudah memisahkan diri dari anak istri. Yang jelas saya masih bekerja seperti biasa, ini laptop saya bawa ke sini semua, saya bekerja seperti normal," tuturnya.

Selama menjalani karantina mandiri, Gibran mengaku tetap menjalankan aktivitas sebagai kepala daerah seperti sebelumnya. Mulai dari memimpin rapat daerah, berkoordinasi dengan kepala OPD, termasuk rapat dengan pemerintah pusat secara daring.

"Namanya pelayanan publik tidak boleh putus, saya juga masih bekerja 24 jam untuk warga Solo," ujar Gibran.

Sebelum menutup jumpa pers, Gibran mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes) agar terhindar dari virus Corona.

"Terima kasih teman media untuk perhatiannya, sekali lagi untuk bapak ibu warga Solo, mohon dukungan dan doanya agar saya selalu diberikan kesehatan, mohon agar selalu mengikuti prokes, saya yakin kita bisa melewati ini semua," imbuh Gibran.

Tonton Video: Positif Covid-19, Gibran Tetap Pantau Penerapan PPKM Darurat

[Gambas:Video 20detik]



(rih/rih)