Terpopuler Sepekan

Persiapan Jateng-DIY Jika PPKM Darurat Diperpanjang

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Sabtu, 17 Jul 2021 09:01 WIB
Poster
Ilustrasi PPKM Darurat COVID-19 (Foto: Edi Wahyono)
Yogyakarta -

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat disebut akan diperpanjang sampai akhir Juli 2021. Apa persiapan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)?

"Kita mengikuti perkembangan dari masing-masing yang ada. Maka kami sudah menyiapkan skenario kontingensi. Apakah diperpanjang atau tidak, kita siap. Apapun yang terjadi, karena keputusan itu dilihat dari perilaku masyarakat seperti apa," kata Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di kantornya, Rabu (14/7/2021).

Persiapan yang dilakukan salah satunya soal politik anggaran untuk backup penanganan jika PPKM Darurat memang diperpanjang.

"Sampai politik anggaran, dinas koperasi dan UMKM deteksi kira-kira teman-teman yang berusaha, kondisinya seperti apa, dampaknya seperti apa, tingkat pertahanannya seperti apa. Pemerintah menimbang juga dari sisi kondisi masyarakat termasuk ekonomi," jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji, mengatakan pada prinsipnya Pemda DIY akan mengikuti apapun keputusan terkait wacana perpanjangan PPKM Darurat dari pemerintah pusat. Meski, pemerintah pusat juga memberikan kelonggaran kepada daerah untuk menyesuaikannya sesuai dengan kearifan lokal daerah masing-masing.

"DIY ikut keputusan pusat dan kalau ada yang perlu ya kita modifikasi dengan kondisi lokal," jelas Aji, Rabu (14/7/2021).

Untuk diketahui, isu perpanjangan PPKM Darurat memang sudah berembus sejak awal pekan ini. Kemudian pada Jumat (16/7) kemarin, Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy, mengatakan kebijakan PPKM Darurat di Jawa-Bali akan diperpanjang hingga akhir Juli mendatang.

"Tadi rapat kabinet terbatas yang saya ikuti waktu saya di Sukoharjo sudah diputuskan bapak Presiden (PPKM Darurat) dilanjutkan sampai akhir Juli. Sampai akhir Juli PPKM," kata Muhadjir saat meninjau Hotel University Club UGM yang dijadikan shelter pasien Corona, Sleman, Jumat (16/7).

Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Jodi Mahardi juga mengatakan akan ada pengumuman soal PPKM Darurat hari ini.

"Rencananya akan ada pengumuman yang terkait," ujar Jodi Mahardi, kepada wartawan, Jumat (16/7).

Lihat Video: Momen Kapolri Blusukan di Solo, Bagi-bagi Sembako ke Warga-PKL

[Gambas:Video 20detik]



(alg/rih)