18 Ruas Jalan di Klaten Disekat, Termasuk Jalur Truk Angkut Galian C

Achmad Syauqi - detikNews
Jumat, 16 Jul 2021 18:08 WIB
Simpang empat Pasar Totogan, Kecamatan Ngawen ditutup untuk truk sore hari
Simpang empat Pasar Totogan, Kecamatan Ngawen ditutup untuk truk sore hari. (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Sebanyak 18 ruas jalan di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah bakal disekat pada jam tertentu selama periode PPKM Darurat. Penutupan ini dilakukan untuk membatasi mobilitas warga.

"Kita tambah satu titik lagi di Pasar Totogan Jalan Klaten-Boyolali mulai pukul 16.00 WIB. Tujuannya pukul 16.00 WIB tidak ada truk angkutan galian C yang naik ke Kecamatan Kemalang," ungkap Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu pada wartawan, Jum'at (16/7/2021).

Edy Suranta mengatakan dengan tambahan itu maka total di ada 18 titik Klaten yang disekat. Sebanyak 16 titik di antaranya berada di wilayah dalam kota, ditambah Tegalyoso dan di Pasar Totogan.

"Sekarang tambah satu berarti 18. Kota ada 16 titik, Totogan dan Tegalyoso sehingga total 18 titik," terang Edy Suranta.

Edy menerangkan pihaknya terus melakukan evaluasi penutupan dan penyekatan saat PPKM Darurat. Hasilnya diputuskan ada penambahan titik di Tegalyoso yang merupakan jalan penghubung dengan Yogyakarta.

"Kita tambah dua titik sekat. Yaitu Tegalyoso, dari Yogyakarta ke kota kita arahkan ke by pass dan yang mau ke Boyolali ke kiri dengan rambu terpasang," lanjut Edy Suranta.

Edy menerangkan penutupan jalan di Tegalyoso yang mengarah ke Kota Klaten akan diberlakukan mulai pukul 18.00 WIB. Kemudian untuk Pasar Totogan juga dimulai pukul 16.00 WIB.

"16 titik sekat ditutup mulai pukul 16.00 WIB tapi Tegalyoso mulai pukul 18.00 WIB. Untuk Totogan kita tutup pukul 16.00 WIB sehingga tidak ada truk naik dan yang ada truk turun saja," sebut Edy Suranta.

Menurut Edy mobilitas warga Klaten kian menurun selama pemberlakuan PPKM Darurat. "Aktivitas warga sudah mentaati instruksi Bupati. Sudah menurun 10-20 persen meskipun masih di angka merah," sambung Edy.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Klaten, Supriyono menjelaskan secara khusus dinas membuat dua titik penyekatan khusus truk angkutan galian C pasir dan batu. Kedua titik itu di Pasar Totogan dan Kemalang.

"Kita sekat di Ngupit atau Totogan dan depan kecamatan Kemalang. Kalau pukul 16.00 WIB yang dari bawah kita putar balik dan yang dari atas melanggar kita tilang," kata Supriyono pada detikcom.

Supriyono menyebut pihaknya belum memungkinkan untuk menutup total ruas jalan tersebut. Sebab truk pengangkut galian C termasuk bahan di sektor konstruksi.

"Masuk kritikal, kita cuma bisa kurangi 50 persen karena ini bagian dari sektor konstruksi. Kalau tutup total pembangunan berhenti," terang Supriyono.

Berikut daftar titik penyekatan di Klaten dari data Dishub Klaten:
1. Bareng
2. Matahari
3. Adipura
4. Smkk
5. Stadion
6. Sikenong
7. Sidowayah
8. Pandanrejo-sungkur
9. Pandanrejo-kota
10. Bangjo Ngupit - Mranggen
11. Las kaka
12. Jetak
13. Garnisun
14. Pasar pos
15. Rumdin kapolres
16. Mlinjon
17. Al aqso
18. PGA-MAN
19. PGA-Bramen
20. Tegalyoso

(ams/sip)