PMI Gunungkidul Makamkan 19 Jenazah Pasien Isoman Sepanjang Juli

Pradito Rida Pertana - detikNews
Senin, 12 Jul 2021 17:21 WIB
Pemprov DKI Jakarta ungkap adanya lonjakan pemakaman dengan protap COVID-19 dalam sepekan terakhir. Hal itu terjadi usai meningkatnya kasus corona di Ibu Kota.
Ilustrasi pemakaman protokol Corona. (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Gunungkidul -

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) telah menangani 41 pemakaman secara protokol COVID-19, 39 di antaranya terkonfirmasi positif COVID-19 selama Juli 2021. Dari jumlah tersebut 19 diantaranya meninggal saat menjalani isolasi mandiri (isoman).

"Sepanjang Juli 2021 ada 41 jenazah yang ditangani dan 39 dinantaranya konfirmasi positif (COVID-19)," kata Staf Administrasi, Logistik dan Pendampingan SDM PMI Gunungkidul Saiful Asrofi saat dihubungi wartawan, Senin (12/7/2021).

"Kalau dari pasien isoman ada 19 jenazah," lanjut dia.

Dihubungi terpisah, Ketua PMI Gunungkidul Iswandoyo menyebut kasus kematian pasien isoman mulai muncul sejak bulan Juni. Di mana bulan Juni lalu tercatat pihaknya menangani 18 jenazah pasien isoman.

"Total yang kami tangani saat bulan Juni sebanyak 55 jenazah (menggunakan protokol kesehatan) dan 18 pasien isoman," kata Iswandoyo.

Sementara itu, Kepala Dinkes Gunungkidul Dewi irawaty, menyebut hari ini ada penambahan 17 kasus meninggal dunia dengan status terkonfirmasi virus Corona. Dari jumlah tersebut, Dewi mengaku ada yang tengah melakukan isoman.

"Hari ini ada 17 kasus meninggal dan 4 di antaranya isoman," ucapnya.

Merujuk data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gunungkidul sejak awal bulan Juli hingga hari ini, tercatat ada 162 kasus meninggal dengan status terkonfirmasi positif virus Corona.

Terlepas dari hal tersebut, Dewi menyebut penambahan kasus harian virus Corona di Kabupaten Gunungkidul mengalami penurunan menjadi 180 kasus.

Sedangkan untuk kasus sembuh bertambah 246 orang sehingga total kasus sembuh virus Corona di Gunungkidul menjadi 6.280. Sementara total kasus terkonfirmasi positif virus Corona di Gunungkidul mencapai 9.901.

(sip/ams)