Bupati Kendal dan Istrinya, Chacha Frederica Positif Corona

Saktyo Dimas R - detikNews
Kamis, 08 Jul 2021 15:06 WIB
Melonjaknya kasus aktif COVID-19 di Jawa Tengah, membuat Bupati Dico Ganinduto mengambil langkah cepat dan strategis untuk mencegah penyebaran.
Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, positif virus Corona. (Foto: Dok. Pemkab Kendal)
Kendal -

Bupati Kendal, Jawa Tengah, Dico M Ganinduto dan istrinya, Chacha Frederica, positif virus Corona atau COVID-19. Saat ini keduanya menjalani isolasi mandiri.

"Saya berikan release kepada teman-teman media tentang kondisi saya dan istri yang terkonfirmasi COVID-19. Saya dan istri menjalani isolasi mandiri di rumah dinas dalam kondisi baik," kata Dico saat dihubungi lewat pesan singkat WhatsApp, Kamis (8/7/2021).

Dico menjelaskan, dia dinyatakan positif terpapar Corona pada Rabu (7/7) kemarin.

"Saya sendiri kurang tahu kenanya di mana. Saya kan mobilitasnya tinggi ke lapangan untuk memantau perkembangan vaksinasi dan penyebaran COVID di Kendal," ujarnya.

Meski positif Corona, lanjutnya, dia masih menjalankan tugas-tugasnya secara virtual.

"Saya masih menjalankan tugas-tugas saya meski harus secara virtual. Saya pantau terus perkembangan vaksinasi dan penyebaran COVID-19 di Kendal," imbuhnya.

Bupati Kendal, Jawa Tengah, Dico M Ganinduto dan istrinya, Chacha Frederica, usai pelantikan.Bupati Kendal, Jawa Tengah, Dico M Ganinduto dan istrinya, Chacha Frederica, usai pelantikan. (Foto: Saktyo Dimas R/detikcom)

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kendal, Ferinando Rad Boney, membenarkan Dico dan istrinya positif Corona.

"Benar, Bapak dan Ibu Bupati terkonfirmasi COVID dan saat ini beliau sedang menjalankan isolasi mandiri," kata Ferinando saat dihubungi detikcom melalui telepon, hari ini.

Dia menjelaskan, Dico diketahui positif Corona setelah menjalani tes swab PCR, Rabu (7/7) siang. Hasil tes PCR itu keluar malam harinya.

Sedangkan istri Dico, Chacha Frederica, telah lebih dulu menjalani tes swab di rumah sakit Colombia Semarang dan hasilnya positif Corona.

"Jadi Pak Bupati menjalani tes swab setelah diketahui jika Ibu positif COVID yang melakukan tes swab terlebih dulu di Rumah Sakit Colombia Semarang. Rabu siangnya baru Pak Bupati menjalani tes swab dan hasilnya positif COVID juga," jelasnya.

Sementara itu, dari data Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, per Rabu (7/7/2021), penderita COVID-19 di Kabupaten Kendal yang dirawat di rumah sakit ada 268, melakukan isolasi mandiri 874, sembuh 9.320, dan yang meninggal dunia 452 orang.

(rih/sip)