ICU-Ruang Isolasi di 2 RSUD Kabupaten Semarang Penuh, Pasien Antre

Akbar Hari Mukti - detikNews
Kamis, 08 Jul 2021 13:06 WIB
Bupati Semarang Ngesti Nugraha mengecek RSUD dr Gunawan Mangunkusumo, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Kamis (8/7/2021).
Bupati Semarang Ngesti Nugraha mengecek RSUD dr Gunawan Mangunkusumo, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Kamis (8/7/2021). Foto: Akbar Hari Mukti/detikcom
Semarang -

Lonjakan kasus COVID-19 membuat ruang ICU dan ruang isolasi di rumah sakit umum daerah (RSUD) dr Gondo Suwarno Ungaran dan RSUD dr Gunawan Mangunkusumo Ambarawa di Kabupaten Semarang penuh. Bahkan ada antrean pasien di ruang isolasi RSUD Ungaran.

"Saat ini baik ICU maupun ruang isolasi di kedua rumah sakit tersebut penuh. Saat pengecekan bahkan ada antrean di ruang isolasi rumah sakit Ungaran sebanyak 17 orang," jelas Bupati Semarang Ngesti Nugraha, di Kantor Bupati Semarang, Ungaran, Kamis (8/7/2021).

Untuk mengatasi kekurangan ruangan ini, Pemkab Semarang berupaya menggenjot penambahan ruang ICU dan isolasi COVID di kedua RSUD tersebut. Diharapkan dengan penambahan ruangan ini tidak ada lagi antrean pasien.

"Agar tak ada antrean warga yang ingin ke rumah sakit, kami segera menambah ruangan ICU dan ruangan isolasi kedua rumah sakit tersebut," terangnya.

Ngesti menyebut untuk RSUD dr Gondo Kusumo Ungaran pihaknya segera menambah ruang ICU yang semula 7 kamar menjadi 15 kamar. Kemudian ruang isolasi yang sebelumnya 64 kamar menjadi 84 kamar.

Kemudian di RSUD dr Gunawan Mangunkusumo Ambarawa, ditargetkan akan ada dua ruang ICU lagi. Sehingga dari semula 5 kamar menjadi 7 kamar.

"Untuk ruang ICU RSUD Ambarawa kami tambah menjadi 7 kamar. Juga untuk ruang HCU (high care unit) ada 25 kamar menjadi 30 kamar, serta ruang isolasi COVID-19 menjadi 78 kamar," jelasnya.

Penambahan Ruang ICU-Isolasi Terkendala Nakes Kena Corona

Meski begitu, penambahan ruangan tersebut terkendala jumlah tenaga kesehatan (nakes) yang ada di Kabupaten Semarang. Sebab, hingga saat ini ada 287 nakes di Kabupaten Semarang yang terpapar COVID-19.

"Untuk nakes hingga saat ini ada 287 yang terpapar. Kami berharap tak ada penambahan nakes yang terpapar COVID-19 sehingga yang sakit bisa segera sembuh dan penambahan kamar bisa segera dilakukan," harap dia.

Simak juga 'BOR Penuh, IGD RSUD Pasar Minggu Disulap Jadi Ruang Perawatan':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/mbr)