Spa di Semarang Nekat Buka Saat PPKM Darurat, 19 Orang Diamankan

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Rabu, 07 Jul 2021 19:11 WIB
Polrestabes Semarang mengamankan 19 orang dari spa yang nekat buka saat PPKM Darurat, Rabu (7/7/2021).
Polrestabes Semarang mengamankan 19 orang dari spa yang nekat buka saat PPKM Darurat, Rabu (7/7/2021). Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom
Semarang -

Polrestabes Semarang mengamankan 19 orang dari spa yang nekat buka saat PPKM Darurat. Saat ke-19 orang itu diperiksa, ternyata ditemukan satu spa yang belum punya izin usaha.

Kasat Reskrim Polrestabes Semarang, AKBP Indra Mardiana, mengatakan 19 orang itu diamankan saat patroli gabungan hari Selasa (6/7) malam. Mereka berasal dari dua spa yang berbeda yaitu di Semarang Barat dan Pedurungan.

"Diamankan 19 orang pria-wanita dan tempat usaha yang masih buka dan melayani. Ada pegawai, pengguna jasa, termasuk pemilik usaha (spa)," kata Indra di Mapolrestabes Semarang, Rabu (7/7/2021).

Pemeriksaan masih berlanjut karena ada yang tidak memiliki izin usaha, sehingga diperlukan koordinasi dengan Pemerintah Kota Semarang.

"Terkait hal itu, belum memiliki izin usaha akan koordinasi dengan pemerintah. Harus dilengkapi," ujarnya.

Sanksi pelanggaran PPKM Darurat ini diserahkan kepada Pemkot Semarang, namun jika ada pelanggaran pidana misalnya memperkerjakan anak di bawah umur maka kepolisian akan kembali turun tangan.

"Kalau ada pidana maka kita lakukan penindakan. Ya itu tadi kalau ada di bawah umur, kena memperkerjakan anak di bawah umur," jelasnya.

Ia menegaskan peraturan PPKM Darurat akan diberlakukan hingga 20 Juli 2021. Bagi bidang usaha yang boleh buka pun dibatasi jam operasionalnya hingga pukul 20.00 WIB.

(rih/ams)