Pemkot Magelang Buka RS Darurat Corona Bersamaan Pemberlakuan PPKM Darurat

Eko Susanto - detikNews
Jumat, 02 Jul 2021 21:33 WIB
Wali Kota Magelang, Muchamad Nur Aziz, meninjau rumah sakit darurat
Wali Kota Magelang, Muchamad Nur Aziz, meninjau rumah sakit darurat. (Foto: Eko Susanto/detikcom)
Kota Magelang -

Pemkot Magelang membuat rumah sakit darurat COVID-19 di Lapangan Tenis Indoor kompleks Gelora Sanden, Kota Magelang, Jawa Tengah. Keberadaan rumah sakit ini mampu menampung 65 pasien COVID-19 bergejala ringan sampai sedang.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Magelang, dr Intan Suryahati mengatakan, di rumah sakit darurat ini tersedia 15 tempat tidur dan 50 velbed. "Tempat tidur 15 dan 50 velbed," kata Intan, Jumat (2/7/2021).

Adapun nakes yang tersedia di rumah sakit darurat, katanya, ada enam dokter dan beberapa perawat. "Ada dari Rumah Sakit Harapan 5 dokter, 1 dokter dari puskesmas, kemudian perawat itu dari PSC (public safety center) dan dari perawat rumah sakit swasta," tuturnya.

Sementara itu, Wali Kota Magelang, Muchamad Nur Aziz, mengatakan keberadaan rumah sakit darurat ini untuk menangani pasien COVID-19 yang bergejala ringan sampai sedang. Sedangkan pasien yang bergejala berat dikirim menuju rumah sakit rujukan yang ada ICU-nya.

"Yang (bergejala) ringan sampai sedang. (Bergejala) berat tetap kita kirim ke rumah sakit yang ada ICU-nya. Belum siap (buka), mungkin besok," kata Aziz.

Menyinggung perihal kelengkapan yang ada di rumah sakit darurat, kata dia, kelengkapan sudah cukup. Kemudian sudah ada APD lengkap dalam penanganan pasien. "Kelengkapan sudah cukup lumayan. Jadi untuk petugasnya ada APD lengkap kemudian untuk pasien pertolongan-pertolongan awal sudah bisa," tuturnya.

(mbr/mbr)