Tempat Isolasi Terpusat COVID-19 Pemkab Klaten Penuh!

Achmad Syauqi - detikNews
Senin, 28 Jun 2021 19:50 WIB
Lokasi isolasi terpusat COVID-19 Pemkab Klaten di Edotel, Jalan Merbabu, Klaten, Jawa Tengah.
Lokasi isolasi terpusat COVID-19 Pemkab Klaten di Edotel, Jalan Merbabu, Klaten, Jawa Tengah. Foto: Achmad Syauqi/detikcom
Klaten -

Tempat isolasi terpusat COVID-19 milik Pemkab Klaten di Edotel, Jalan Merbabu, Klaten, Jawa Tengah, hari ini penuh. Pasien baru Corona dialihkan ke Panti Semedi di Jalan Veteran, Klaten.

"Edotel sudah penuh, sekarang sudah kita alihkan ke Panti Semedi. Edotel penuh semua, 28 bed," kata Tim Ahli Satgas Percepatan Pengendalian COVID-19 Klaten, Roni Roekmito, kepada wartawan usai rakor di Pemkab Klaten, Senin (28/6/2021).

Roni menjelaskan, daya tampung Edotel sebanyak 28 bed dan terisi penuh pasien dari berbagai wilayah. Pemusatan isolasi mulai dialihkan ke Panti Semedi.

"Sudah kita alihkan ke sana (Panti Semedi) ada tujuh orang. Untuk sementara kita gunakan dua tempat isolasi itu dulu, belum ada rencana penambahan," ujarnya.

Menyikapi lonjakan kasus COVID-19, lanjutnya, Satgas COVID-19 Klaten sudah meminta peningkatan peran isolasi terpusat di tingkat desa dan kecamatan. Pasien yang dengan gejala ringan bisa ditangani di desa dan kecamatan.

"Dengan penuhnya RS, pasien yang positif dari rapid maupun PCR dengan gejala ringan bisa dirawat di isolasi terpusat desa dan kecamatan. Desa sudah kita imbau untuk menyediakan tabung oksigen dan oksimeter," kata Roni.

Menurut Roni, pengawasan pasien di lokasi isolasi di desa atau kecamatan dilakukan oleh Puskesmas setempat.

"Nanti pengawasan dan pendampingan tetap dari Puskesmas. Selama ini isolasi di desa dan kecamatan tetap didampingi pengawasan kecamatan," imbuhnya.

Sementara itu, Koordinator Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Percepatan Pengendalian COVID-19 Klaten, Cahyono Widodo, mengatakan untuk sementara ini Pemkab Klaten memang hanya membuka dua lokasi isolasi terpusat COVID-19. Yaitu di Edotel dan Panti Semedi.

"Sementara ada dua, di Edotel dan Panti Semedi. Belum ada penambahan," kata Cahyono kepada wartawan.

Cahyono menambahkan, pada Senin (28/6) hari ini terdapat penambahan 577 pasien terkonfirmasi positif Corona, 121 pasien yang dinyatakan sembuh, dan 18 pasien meninggal dunia.

"Dengan tambahan itu jumlah kumulatif di Klaten menjadi 3.413 kasus. Dari jumlah tersebut 2.975 menjalani perawatan/ isolasi mandiri, 9.606 sembuh dan 772 meninggal dunia," jelas Cahyono.

Simak video 'Data Lengkap Sebaran 20.694 Kasus Baru Corona RI 28 Juni':

[Gambas:Video 20detik]



(rih/mbr)