Pati di Rumah Saja Saat Weekend, Restoran-Pasar Boleh Tetap Buka

Arif Syaefudin - detikNews
Kamis, 24 Jun 2021 16:15 WIB
Bupati Pati Haryanto
Bupati Pati, Haryanto (Foto: Arif Syaefudin/detikcom)
Pati -

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati, Jawa Tengah, mengeluarkan kebijakan gerakan 'Pati di Rumah Saja' yang akan diterapkan pada Sabtu dan Minggu akhir pekan ini. Namun warung makan, restoran, kafe, pusat perbelanjaan hingga pasar masih tetap diperbolehkan buka.

Dalam surat edaran Bupati Pati tertanggal 24 Juni 2021, pelaku usaha di bidang tersebut masih diperbolehkan beroperasi. Namun, dengan pembatasan jam operasional.

"Menyusuli surat kami hal gerakan Pati di Rumah Saja, diminta perhatiannya untuk mengoordinasikan jam operasional kegiatan ekonomi masyarakat pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 26 dan 27 Juni 2021," kata Bupati Pati, Haryanto, dalam surat edaran tersebut, seperti dikutip detikcom, Kamis (24/6/2021).

Dalam edaran tersebut, restoran, rumah makan, kafe, dan atau kegiatan lain sejenis diperbolehkan buka sampai dengan pukul 19.00 WIB. Kemudian angkringan dan pedagang kaki lima (PKL) diperbolehkan buka sampai pukul 20.00 WIB.

Selain itu, pertokoan, pusat perbelanjaan dan toko modern jam operasionalnya dibatasi sampai dengan pukul 19.00 WIB. Sementara itu pasar tradisional diperbolehkan buka sampai dengan pukul 12.00 WIB, sedangkan pasar yang beroperasi malam hari dibatasi hingga pukul 20.00 WIB.

"Hal ini berdasarkan pertimbangan kami. Di satu sisi, kasihan orang cari nafkah. Di sisi lainnya, harus menangani COVID-19 biar menurun. Semata ini untuk stabilitas perekonomian warga," kata Haryanto kepada detikcom melalui pesan singkat, hari ini.

Sebelumnya, Haryanto mengatakan gerakan 'Pati di Rumah Saja' dilakukan oleh seluruh komponen masyarakat tanpa terkecuali. Ia pun memastikan, selama dua hari itu, tidak ada aktivitas pekerjaan apapun.

"Semua komponen masyarakat kecuali yang terkait dengan sektor esensial. Seperti kesehatan, keamanan, kebencanaan, komunikasi, teknologi informasi, logistik dan kebutuhan pokok masyarakat, perhotelan, konstruksi, industri strategis, pelayanan dasar, utilitas publik dan industri yang ditetapkan sebagai objek vital nasional," ucap Haryanto kemarin.

Berikut detail aturan Pati di Rumah Saja akhir pekan ini:

Menyusuli surat Kami Nomor 44012590 tanggal 22 Juni 2021 Hal Gerakan 'Pati Di Rumah Saja', diminta perhatiannya untuk mengkoordinasikan jam operasional kegiatan ekonomi masyarakat pada Hari Sabtu dan Minggu tanggal 26 dan 27 Juni 2021 dengan ketentuan sebagai berikut :

1) Restoran, rumah makan, cafe dan/atau kegiatan lain yang sejenis diperbolehkan buka sampai dengan pukul 19.00 WIB; dan

2) Angkringan, pedagang kaki lima (PKL) dan/atau kegiatan lain yang sejenis diperbolehkan buka sampai dengan pukul 20.00 WIB.

3) Pertokoan, Pusat perbelanjaan, Toko Modem dan Swalayan jam operasional dibatasi sampai dengan pukul 19.00 WIB.

4) Pasar tradisional jam operasional dibatasi sampai dengan pukul 12.00 WIB, sedangkan untuk pasar yang operasionalnya di malam hari dibatasi sampai dengan pukul 20.00 WIB.

5) Wajib menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Demikian untuk menjadi perhatian dan atas kerja samanya disampaikan terima kasih.

SE tertanggal 24 Juni 2021 ini ditembuskan ke Gubernur Jawa Tengah, Forkopimda Kabupaten Pati, Sekda Kabupaten Pati, dan Kepala Satpol PP Pati.

Simak juga video 'Jokowi Respons Usulan PSBB dan Lockdown: PPKM Mikro Pilihan Tepat':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/rih)