Wabup Kendal Positif Corona Usai Sidak di 2 RS Rujukan COVID-19

Saktyo Dimas R - detikNews
Senin, 21 Jun 2021 17:42 WIB
Wabup Kendal, Windu Suko Basuki, positif Corona, Senin (21/6/2021).
Wabup Kendal, Windu Suko Basuki, positif Corona. (Foto: Saktyo Dimas R/detikcom)
Kendal -

Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki terkonfirmasi positif virus Corona atau COVID-19. Kondisi Basuki tersebut diketahui usai menjalani tes swab PCR pada Sabtu (19/6).

"Saya ada tugas kerja di Surabaya selama dua hari. Hari Sabtunya saya pulang dari Surabaya terus tes COVID-19 dan hasilnya saya dinyatakan positif," ujar Basuki di rumah dinasnya, Jalan Soekarno Hatta, Kendal, Senin (21/6/2021).

Basuki memprediksi dirinya tertular Corona bukan dari perjalanan ke Surabaya. Namun dia menduga tertular Corona usai RSUD dr Soewondo Kendal dan RS Darurat COVID-19 (RSDC) pada Kamis (17/6).

Dugaan ini berdasar pada kondisi sopir dan ajudan pribadinya yang ikut ke Surabaya tapi dinyatakan negatif COVID-19.

"Menurut saya terkonfirmasi COVID-19 bukan saat di Surabaya tetapi justru saat sidak di RSDC dan RSUD Soewondo," kata Basuki.

"Tapi sopir dan ajudan saya yang ikut sidak (Kamis 17/6) setelah menjalani tes, hasilnya positif," lanjutnya.

Basuki kini menjalani isolasi mandiri di rumah dinasnya hingga beberapa hari ke depan. Sedangkan agenda kerjanya, kata Basuki, tetap berlangsung secara virtual.

"Sampai hari ini, saya tidak merasakan apa-apa sedikitpun. Baik dari pusing, dada sesak, flu, pilek dan tanda-tanda COVID-19 lainnya. Penciuman juga masih bagus," terang Basuki.

Dalam kesempatan ini, Basuki berpesan pada seluruh masyarakat Kendal agar meningkatkan protokol kesehatannya antara lain yakni memakai masker dan menjaga jarak. Ketika nanti tidak mengalami keluhan apapun, dia berencana melakukan tes swab PCR kembali pada 3-5 hari ke depan.

"Saya akan tes swab PCR lagi untuk memastikan apakah virus itu masih ada atau saya sudah sehat," pungkasnya.

Tonton video 'Kasus Corona di RI Tembus 2 Juta!':

[Gambas:Video 20detik]



(sip/ams)