Ada Antrean Pasien, Ruang Isolasi Corona di 2 RS Rembang Penuh

Arif Syaefudin - detikNews
Senin, 21 Jun 2021 14:46 WIB
Suasana RSUD dr R Soetrasno Rembang, Senin (21/6/2021).
Suasana RSUD dr R Soetrasno Rembang, Senin (21/6/2021). (Foto: Arif Syaefudin/detikcom)
Rembang -

Pasien mengantre untuk bisa dirawat di ruang isolasi perawatan pasien virus Corona atau COVID-19 di RSUD dr R Soetrasno Rembang, Jawa Tengah. Sebanyak 192 tempat tidur pasien Corona di rumah sakit itu kini sudah penuh.

"Pagi ini kapasitasnya 192, saat ini sudah 100 persen. Ada yang keluar 2, kemudian masuk langsung pasien yang sudah menunggu lainnya. Kami berharap masyarakat bersabar dan tetap menjaga kesehatan," kata Kepala seksi informasi RSUD dr R Soetrasno Rembang, Tabah Tohamik, saat ditemui detikcom di area RSUD Rembang, Senin (21/6/2021).

Bahkan ia mengaku, sejumlah pasien juga sempat harus mengantre di IGD. Atas kondisi itu, Tabah menjelaskan pihak RS setempat telah berupaya menambah ruang perawatan.

"Karena kondisinya terus mengalami kenaikan seperti ini, sore ini semoga saja sudah siap kamarnya. Bekas kamar Cempaka, ada 15 tempat tidur akan menampung pasien COVID-19," jelasnya.

Tabah mengaku tak mudah untuk mempersiapkan kamar isolasi bagi pasien COVID-19. Persiapannya membutuhkan persiapan yang panjang karena ia mengaku tak ingin hanya sekedar kamar, melainkan kamar perawatan yang memenuhi standar kelayakan.

"Jadi kita perlu siapkan pula kamera CCTV di setiap tempat tidurnya. Sehingga setiap pasien, kita bisa pantau aktivitasnya. Kemudian alat komunikasi juga, bukan persiapan yang singkat," paparnya.

Humas Satgas COVID-19 Rembang, Arief Dwi Sulistya, menambahkan saat ini hanya ada 2 RS di Rembang yang menerima pasien COVID-19. Yakni RSUD dr R Soetrasno Rembang dan RS Bhina Bhakti Husada.

"Keduanya sudah full. Dan hari ini, kita akan coba kembali hubungi pihak RSI Arafah yang semoga saja sudah siap menerima pasien COVID-19. Karena memang hanya ada 3 rumah sakit, dan saat ini hanya 2 yang bisa. Dengan demikian setidaknya dapat membantu," jelas Arief kepada detikcom di ruang kerjanya, hari ini.

Pada Senin (21/6), total kasus aktif COVID-19 di Kabupaten Rembang sebanyak 674. Di antaranya 216 pasien simtomatik alias dirawat di rumah sakit, dan 458 asimtomatik, atau menjalani isolasi mandiri di rumah ataupun lokasi isolasi terpusat.

(sip/ams)