Bed Pasien Corona Rumah Sakit di Rembang Terisi Penuh!

Arif Syaefudin - detikNews
Sabtu, 19 Jun 2021 19:41 WIB
Poster
Ilustrasi Corona (Foto: Edi Wahyono)
Rembang -

Bed atau tempat tidur bagi pasien virus Corona di rumah sakit di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, terisi penuh. Akibatnya ada pasien COVID-19 yang sempat harus mengantre untuk masuk ke ruang perawatan isolasi.

Di Kabupaten Rembang, hanya ada dua rumah sakit yang menerima pasien COVID-19. Yakni RSUD dr R Soetrasno dan rumah sakit swasta Bhina Bhakti Husada. Keduanya kehabisan tempat tidur untuk ruang isolasi pada Sabtu (19/6).

Kepala Seksi Informasi RSUD dr R Soetrasno, Tabah Tohamik, menyebut RS milik pemerintah tersebut memiliki kapasitas 181 tempat tidur ruang isolasi COVID-19.

"Kapasitas 181, tadi pagi full. Akibatnya ada pasien yang memang harus mengantre. Kemudian alhamdulillah, sore ada pasien yang sudah selesai perawatan pulang, langsung dipakai kamar tersebut," kata Tabah saat dihubungi detikcom melalui sambungan telepon, Sabtu (19/6/2021).

Ia mengakui, lonjakan pasien COVID-19 di Kabupaten Rembang cukup tinggi. Padahal RSUD telah melakukan banyak penambahan ruang perawatan. Dari yang 3 ruang isolasi menjadi 12 ruang isolasi.

"Semula ada 3 ruangan kita buka, ini sudah menjadi 12 ruangan kita fungsikan sebagai ruang isolasi. 25 tempat tidur ICU dan 156 isolasi khusus," jelas Tabah.

Hal yang sama terjadi di RS Bhina Bhakti Husada. Kapasitas ruang isolasi yang mampu menampung sebanyak 24 pasien, dinyatakan penuh pada Sabtu (19/6).

"Persediaan bed di ruang isolasi sudah penuh. Meski demikian kami imbau masyarakat yang membutuhkan pelayanan di sini tidak perlu takut. Sudah ada prosedur ketat pembedaan antara pasien COVID dan non-COVID. Sedang kita diskusikan secara internal (penambahan kapasitas). Kalau terealisasi, pasti akan kami sampaikan tembusannya kepada Dinas Kesehatan setempat," kata Humas Rumah Sakit Bhina Bhakti Husada, Jatnika Utama, secara terpisah.

Tonton video 'Update Corona RI 19 Juni: Kasus Positif Tambah 12.906':

[Gambas:Video 20detik]



(rih/rih)