RS Rujukan Corona Kota Tegal Mulai Penuh, Dinkes Siapkan Bed Tambahan

Imam Suripto - detikNews
Sabtu, 19 Jun 2021 17:01 WIB
RSUD Kardinah, Kota Tegal.
RSUD Kardinah, Kota Tegal. Foto: Imam Suripto/detikcom
Kota Tegal -

Tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) rumah sakit rujukan COVID-19 di Kota Tegal, Jawa Tengah, mulai penuh. Dinas Kesehatan Kota Tegal berencana menambah bed.

Ada tiga rumah sakit rujukan pasien COVID-19 di Kota Tegal, yakni RSUD Kardinah sebagai lini satu, Rumah Sakit Umum Islam Harapan Anda sebagai lini dua dan Rumah Sakit Mitra Keluarga sebagai lini tiga. Dari tiga rumah sakit itu, satu sudah terisi penuh dan dua masih menyisakan tempat tidur meski sangat sedikit.

"Di Kota Tegal ada tiga rumah sakit rujukan. Tingkat keterisiannya hampir penuh. Untuk RSUD Kardinah ruang ICU sisa satu bed, ruang isolasi 73 sudah terisi 63. Di RS Islam Harapan Anda hampir penuh, ruang ICU sudah penuh sedangkan bed isolasi biasa sudah terisi semua. Kalau Mitra Keluarga sejak Kamis kemarin sudah penuh semua," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal, Sri Primawati Indraswari, ditemui di kantornya, Sabtu (19/6/2021).

Sri menjelaskan di RSUD Kardinah ketersediaan bed isolasi untuk ICU sebanyak 10 bed ditambah 1 bed niku (bed untuk bayi) dan bed isolasi biasa sebanyak 83. Dari kapasitas 83 bed sampai hari Kamis (17/6) kemarin sudah terisi 73 bed. Sedangkan ruang ICU RS dari total 11 bed telah terisi 9 bed.

Untuk RSU Islam Harapan, 10 bed di ruang ICU COVID-19 semuanya sudah terisi penuh. Ruang isolasi biasa ada 67, hanya menyisakan 1 bed.

Sementara di RS Mitra Keluarga, dari 3 bed ruang ICU COVID-19 sudah terisi semua. Demikian juga 46 bed ruang isolasi biasa sudah penuh terisi.

Tidak hanya rumah sakit, tempat isolasi terpusat di Rusunawa Tegalsari Kota Tegal juga sudah terisi 67,94 persen. Dari jumlah bed 82, sudah terisi 55 bed.

Mengantisipasi terjadi lonjakan pasien, Primawati menyebut akan menambahkan jumlah bed di rumah sakit maupun tempat isolasi terpusat.

"Antisipasinya akan ada penambahan bed baik rumah sakit maupun di tempat isolasi terpusat," ujarnya.

Hingga 17 Juni 2021, terjadi penambahan kasus positif baru di Kota Tegal sebanyak 32 orang. Untuk kasus aktif warga Kota Tegal yang terkonfirmasi COVID-19 sebanyak 197 orang dengan rincian dirawat 25 orang, dan 172 orang menjalani isolasi mandiri.

Tonton video 'Update Corona RI 19 Juni: Kasus Positif Tambah 12.906':

[Gambas:Video 20detik]



(rih/rih)