Corona Menggila, Jateng Siapkan RSJ Jadi Rumah Sakit COVID-19

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Kamis, 17 Jun 2021 17:40 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi Corona di Jateng (Edi Wahyono)
Semarang -

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) mempersiapkan dua rumah sakit di Semarang dan Jepara sebagai rumah sakit COVID-19. Salah satunya adalah RSJD Amino Gondohutomo, Semarang.

"Provinsi sudah convert 2 RSUD. Rumah Sakit Amino Gondohutomo di Semarang convert dengan 150 bed. Ini rumah sakit jiwa, alihkan jadi rumah sakit COVID. Akan mulai hari Kamis," jelas pelaksana jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Jateng, Prasetyo Aribowo.

Hal ini disampaikan Prasetyo Aribowo acara dialog "Langkah Pengendalian Kasus Pasca Lebaran" yang disiarkan langsung di YouTube BNPB, Kamis (17/6/2021).

"Jepara convert akan buat rumah sakit khusus, lainnya akan ditampung di RS sebelahnya atau RS lapangan. Selain itu buat RS terpusat seperti di Jakarta, Asrama Haji Donohudan hampir 80 persen terisi kapasitas 872. Badan diklat provinsi juga kita buka," lanjutnya.

Selain itu Pemprov Jateng juga meminta rumah sakit di daerah-daerah untuk meningkatkan kapasitas tempat tidur (TT) isolasi dan ICU sebanyak 30 persen.

"Rencana kontingensi sudah dibuat. Jadi Kudus dan sekitarnya yang pengaruhnya luas di kabupaten sekitar kita sudah petakan kebutuhan TT isolasi, TT ICU kota lihat dan wajibkan setiap kabupaten kota wajib tingkatkan 30 persen kapasitas, TT ICU minimal 15. Karena ada kabupaten kota yang TT ICU hanya 5," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, empat asrama di kompleks Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Jateng di Banyumanik Kota Semarang juga telah dipakai untuk tempat isolasi penderita virus Corona atau COVID-19.

Asrama Sumbing yang terdiri atas tiga gedung dengan kapasitas sekitar 170 tempat tidur dan saat ini sudah terisi penuh. Kemudian Asrama Muria dengan kapasitas sekitar 62 tempat tidur kini hanya menyisakan 6 tempat tidur. Selanjutnya Asrama Sindoro dengan kapasitas sekitar 220 tempat tidur dan Merapi sekitar 50 tempat tidur.

Lihat juga Video: B.1617.2 Ditemukan di Kudus, Ganjar: Warga Jangan Kucing-kucingan

[Gambas:Video 20detik]



(rih/sip)