Korlantas Polri Siapkan Cek Poin di Perbatasan Zona Merah Corona

Ari Purnomo - detikNews
Rabu, 16 Jun 2021 19:29 WIB
Kakorlantas Polri Irjen Istiono
Kakorlantas Polri Irjen Istiono saat di Solo (Foto: Ari Purnomo/detikcom)
Solo -

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Istiono menyiapkan lokasi cek poin di wilayah perbatasan zona merah Corona atau COVID-19. Hal ini untuk mencegah meluasnya penyebaran virus Corona.

"Dan di tengah pandemi COVID-19 ini Korlantas dan jajarannya juga memerankan diri yaitu antara lain membuat pos-pos cek poin di zona merah," kata Istiono kepada wartawan saat ditemui di Solo, Rabu (16/6/2021).

Istiono mencontohkan pos cek poin di area Solo Raya akan didirikan di perbatasan wilayah Sukoharjo dan Solo. Sebab Sukoharjo masuk zona merah Corona, sedangkan Solo masuk zona kuning COVID-19.

"Yang sekarang lagi meningkat (COVID-19), Solo memang tidak termasuk zona merah namun tetap harus kita jagain karena di perbatasan ada Sukoharjo yang zona merah," ujar Istiono.

Daerah perbatasan inilah yang menurut Istiono perlu dibuatkan cek poin. Cek poin ini berfungsi untuk mengingatkan sekaligus upaya pencegahan mobilitas warga ke area zona merah COVID-19.

"Pos cek poin ini untuk memperketat mobilisasi pergerakan orang untuk menuju ke tempat-tempat kegiatan masyarakat, baik ke tempat wisata, maupun ke kegiatan masyarakat lainnya," tuturnya.

Istiono menyebut langkah ini dilakukan sehingga virus Corona tidak semakin meluas ke daerah lainnya.

"Ini memang harus kita optimalkan, kita harus berbuat semaksimal mungkin untuk melakukan pencegahan," kata Istiono.

"Harapan kita semua zona merah di Indonesia kita bangun cek poin yang sudah kita bangun sekitar 143 titik cek poin di zona merah," sambungnya.

Istiono menambahkan selain menyiapkan cek poin, pihaknya juga akan memodifikasi mobil pelayanan SIM keliling menjadi mobil pelayanan rapid tes antigen gratis.

"Juga untuk pembagian masker dan pelayanan lainnya," pungkasnya.

(ams/sip)