Pecah Rekor! Kasus Baru Corona di Yogya 16 Juni Capai 534

Heri Susanto - detikNews
Rabu, 16 Jun 2021 17:47 WIB
Proses penataan kawasan Tugu Pal Putih, Yogyakarta, telah rampung dilakukan. Kawasan itu kini kian setelah bebas dari kabel melintang. Berikut potretnya.
Apik! Begini Penampakan Kawasan Tugu Yogya. (Foto: Pius Erlangga/detikcom)
Yogyakarta -

Jumlah kasus baru positif virus Corona atau COVID-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) hari ini pecah rekor. Tercatat ada 534 kasus baru positif Corona dalam sehari.

Dari data yang disampaikan melalui keterangan tertulis kepada wartawan, Rabu (16/6/2021), Kepala Bagian Humas Biro Humas dan Protokoler Setda DIY Ditya Nanaryo Aji merinci data kasus Corona di DIY hari ini.

Dia menyebut ada tambahan kasus positif hari ini sebanyak 534 kasus, sedangkan akumulasi kasus positif Corona di DIY sampai hari ini mencapai 50.151 kasus. Sebanyak 5.578 kasus di antaranya merupakan kasus aktif.

Berdasarkan catatan detikcom, jumlah kasus baru Corona di Yogya hari ini menjadi yang tertinggi selama ini. Saat terjadi kenaikan pada akhir 2020 dan awal 2021, rekor terbanyak kasus baru positif dalam sehari terjadi pada 22 Januari 2021 yang mencapai 478 kasus.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 DIY Sri Paduka Pakualam XI mengatakan telah melakukan langkah antisipasi. Wakil Gubernur DIY ini meminta semua rumah sakit rujukan di DIY untuk menyediakan 30 persen bed atau tempat tidur dari kapasitas ruangan untuk penanganan pasien positif Corona.

Wagub juga meminta rumah sakit dan distributor oksigen untuk dapat menyediakan suplai oksigen bagi RS rujukan atau fasilitas kesehatan yang membutuhkan 80 persen pasokan.

"Salah satunya bagi pemasok (oksigen), yaitu 80 persen pasokan dapat ditujukan untuk keperluan COVID-19. Dengan tetap memperhatikan kemungkinan peningkatan kebutuhan di Jawa Tengah," jelasnya.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X juga telah mengeluarkan Instruksi Gubernur (Ingub) No 15 /INSTR/2021 tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro sampai 28 Juni 2021.

Tapi tak ada yang baru dalam Ingub tersebut, aturan Work From Home (WFH) masih tetap sama 50 persen. Begitu pun dengan jam operasional swalayan atau pusat perbelanjaan maksimal pukul 21.00 WIB.

Lihat Video: Sultan HB X Ungkap Penyebab Naiknya Kasus Corona di Yogya

[Gambas:Video 20detik]



(sip/ams)