Pasien COVID-19 Brebes Melonjak, Ruang ICU-Bed di 2 RS Rujukan Penuh!

Imam Suripto - detikNews
Selasa, 15 Jun 2021 17:12 WIB
RS Bhakti Asih, salah satu RS rujukan COVID-19 di Brebes kini penuh pasien Corona, Selasa (15/6/2021)
RS Bhakti Asih, salah satu RS rujukan COVID-19 di Brebes kini penuh pasien Corona (Foto: Imam Suripto/detikcom
Brebes -

Dua dari tiga rumah sakit rujukan virus Corona atau COVID-19 di Brebes, Jawa Tengah dibanjiri pasien hingga kehabisan ruang perawatan. Peningkatan jumlah pasien ini terjadi sejak April hinga usai libur Lebaran.

Dua rumah sakit rujukan yakni RSUD Bumiayu dan RS swasta Bhakti Asih kehabisan ruang perawatan pasien COVID. Selain itu ruang ICU dari kedua RS tersebut penuh terisi pasien Corona.

"Sudah penuh semua, baik 23 ruang isolasi maupun ICU yang berjumlah 7 bed," ungkap Dirut RSUD Bumiayu, dr H Yunan Arief Budi Santoso, saat dihubungi wartawan, Selasa (16/6/2021).

Hal serupa juga terjadi di RS Bhakti Asih. Dari 29 tempat isolasi yang tersedia sekarang penuh terisi pasien. Begitu pula dengan ruang ICU yang berkapasitas 7 bed juga telah penuh terisi. Sekretaris Satgas COVID RS Bhakti Asih, Muhamad Iqbaludin, menjelaskan lonjakan pasien Corona terjadi sejak April. Kemudian jumlah pasien meningkat tajam pasca-Lebaran.

"Kita punya 29 bed yang terbagi di dua bangsal. Saat ini penuh pasien termasuk 7 bed di ruang ICU. Tempat isolasi semuanya penuh, sampai kami terpaksa menolak pasien dari Tegal dan Pemalang," ungkap Iqbaludin.

Masih Ada Ruang Isolasi di RSUD Brebes

Dari tiga rumah sakit rujukan COVID-19, hanya RSUD Brebes yang masih memiliki ruang isolasi kosong. Dirut RSUD Brebes, dr Rasipin, menerangkan pihaknya menyediakan 108 bed ruang isolasi termasuk 8 bed di ICU.

Rasipin menerangkan dari 108 bed ini, sekarang terisi 79 bed. Kemudian dari 8 bed di ruang ICU hanya tersisa 2 bed.

"Sejak ada PPKM mikro memang sempat turun, kami hanya merawat 14 pasien pada Januari kemarin. Tapi pada Mei naik jumlah pasiennya, 30 orang dan sekarang di atas 70 orang. Tadi malam kami merawat 82 orang tapi sudah ada yang pulang 3 orang jadi tinggal 79 orang. Kemarin ICU sempat penuh sekarang sudah kosong dua," jelas Rasipin saat ditemui di kantornya.

RSUD Brebes akan mengoperasionalkan 20 bed tambahan untuk mengantisipasi lonjakan kasus COVID. Selain itu, ruang Dahlia di RSUD Brebes akan kembali digunakan untuk merawat pasien Corona.

"Barangkali ada lonjakan lagi, sudah dioperasionalkan bed tambahan. Kalau nanti naik lagi, ruang Dahlia akan kami gunakan untuk merawat COVID-19," terangnya.

(ams/sip)