Round-Up

Lonjakan Corona di Jateng-DIY! RS Nyaris Penuh-Ratusan Lokasi Lockdown

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 15 Jun 2021 08:42 WIB
COVID-19 Health insurance concept. Blurring of hand holding pen and Stethoscope on health form. Focus on
(Foto: Getty Images/iStockphoto/farosofa)

94 warga desa Paulan Karanganyar terinfeksi, 54 dari klaster masjid

Sebanyak 94 warga Desa Paulan, Kecamatan Colomadu, Karanganyar, terkonfirmasi positif virus Corona atau COVID-19. Dari jumlah itu, 54 orang di antaranya terpapar Corona dari klaster masjid.

"Lokasi masjid juga sangat strategis karena dari Ngasem sampai Solo cuma satu masjid itu. Jadi otomatis masjid itu tempat ampiran para musafir," ujar Kepala Desa Paulan, Joko Margono, Senin (14/6).

151 RT di Pati Lockdown!

151 RTdi Kabupaten Pati di-lockdown lokal. Bupati Pati Haryanto mengatakan lockdown diterapkan karena wilayah tersebut masuk dalam kategori zona merah virus Corona.

"Yang zona merah 11 kecamatan, 38 desa, 151 RT yang ada kasus di RT di-lockdown. RT/RW ini dibantu desa, Pemda dan warga setempat," kata Haryanto, Senin (14/6).


Mahasiswa hingga perkantoran di Magelang terpapar

Sebanyak 17 orang mahasiswa Universitas Tidar (Untidar), Magelang, positif virus Corona atau COVID-19. Mereka terpapar usai mengikuti gathering.

Selain itu Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Magelang, Jawa Tengah ditutup selama tiga hari. Penutupan kantor ini dilakukan usai ada satu staf yang positif virus Corona atau COVID-19.

Lonjakan di Gunungkidul, 102 kasus sehari

Penambahan kasus positif virus Corona atau COVID-19 di Kabupaten Gunungkidul, DIY, kembali pecah rekor. Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul mencatat hari ini ada 102 kasus baru Corona. "Ada tambahan 102 (hari ini)," kata Kepala Dinkes Gunungkidul Dewi Irawaty, Senin (14/6/2021).


Ruang Isolasi COVID-19 di Demak Membeludak

Ruang isolasi di RSUD Sunan Kalijaga Demak penuh. Pemkab Demak, Jawa Tengah, menambah 237 tempat tidur atau bed bagi pasien positif virus Corona atau COVID-19. Ada beberapa rumah sakit lain yang memiliki ruang isolasi Corona di Demak saat ini di antaranya RSI NU dan RS Pelita Anugerah.

RSUD Rembang Nyaris penuh

Jumlah kasus aktif virus Corona atau COVID-19 di Kabupaten Rembang mencapai 504 kasus hari ini. Kondisi ini membuat ruang isolasi perawatan COVID-19 di RSUD dr R Soetrasno Rembang nyaris penuh.

"Yang disiapkan untuk menampung pasien COVID ada sebanyak 160 tempat tidur. Ada 152 pasien pagi tadi, tapi itu tidak semuanya orang Rembang. Jadi ada 21 orang yang ber-KTP luar Rembang. Sehingga, 131 pasien warga Rembang dirawat di RSUD Rembang, dan ada juga 5 orang warga Rembang dirawat di RS luar Kabupaten Rembang," ujar Humas Satgas COVID-19 Rembang, Arief Dwi Sulistya, Senin (14/6).

Kota Tegal Persiapkan ruang isolasi hingga kecamatan

Pemkot Tegal menyiapkan penambahan kapasitas tempat tidur pasien virus Corona atau COVID-19 hingga tempat isolasi terpusat. Rencananya ruang isolasi terpusat juga akan disediakan hingga tingkat kecamatan.

"Ini langkah antisipasi jika ada lonjakan COVID-19. Ruang isolasi RSUD ditambah, kemudian GOR dan Rusunawa Tegalsari kita siapkan untuk isolasi terpusat. Termasuk jika diperlukan di tiap kecamatan disiapkan juga tempat isolasi," kata Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono, Senin (14/6).


(mbr/mbr)