Beredar Pesan Jateng Akan Dikunci Gegara Corona Varian India, Ini Faktanya

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Minggu, 13 Jun 2021 19:25 WIB
Coronavirus. COVID-19. Copy space. 3D Render
Ilustrasi Corona. (Foto: Getty Images/BlackJack3D)
Semarang -

Kasus virus Corona varian B1617.2 atau varian Delta asal India ditemukan di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Setelah ada informasi itu, beredar pesan berantai berbunyi hindari Jateng dan disebut akan ada kuncian lokal. Apa benar?

Pesan berantai tersebut berbunyi seperti berikut ini:

Mohon sementara hindari atau jangan masuk ke Jateng ! Sedang dipikirkan kuncian lokal, karena tersebar Covid-19 strain B-1617, asal India.

Terkait pesan berantai itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Yulianto Prabowo, mengungkap tak ada rencana kuncian lokal di Jateng.

"Tidak ada kuncian lokal," kata Yulianto kepada wartawan lewat pesan singkat, Minggu (13/6/2021).

"(Pesan berantai itu) tidak benar," tegasnya.

Untuk diketahui, sebanyak 28 orang di Kudus, Jawa Tengah dipastikan positif COVID-19 varian baru jenis B1617.2 atau disebut juga varian Delta. Hasil itu diketahui setelah Kemenkes mengambil sampel untuk mengetahui penyebab penyebaran virus Corona di Kudus.

"Kemarin sudah ada penelitian dari UGM, yang di sini ada varian baru B1617.2 yang diambil sampel. Itu dulu, by name by addres belum tahu siapa itu yang kena varian baru, kemarin ada 34 yang keluar 28 ada varian baru (B1617.2)," jelas Bupati Kudus HM Hartopo kepada wartawan ditemui di Pendapa Kabupaten Kudus, hari ini.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo juga meninjau Kudus hari ini. Dalam kesempatan itu, Ganjar meminta masyarakat taat prokes dan tidak kucing-kucingan karena Corona varian Delta disebut mudah menular.

"Saya minta dukungan masyarakat ini akan jangan kucing-kucingan terus, ingat varian baru sudah ada di Kudus. Catat, sudah masuk di Kudus. Maka penularannya cepat sekali, maka masyarakat sadar betul," kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat kunjungan Posko Gabungan Penanganan COVID-19 Kabupaten Kudus, Minggu (13/6).

Simak video 'Varian India Sampai di Kudus, Ganjar Pranowo: Saya Makin Punya PR':

[Gambas:Video 20detik]



(alg/sip)