Pertamina Nyatakan Kebakaran di Tangki Kilang Cilacap Padam

Arbi Anugrah - detikNews
Minggu, 13 Jun 2021 16:15 WIB
Cilacap -

Kebakaran di area tangki Pertamina RU IV Cilacap, Jawa Tengah, dinyatakan padam pada sekitar pukul 10.50 WIB siang ini. Hal tersebut disampaikan oleh Dirut PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Djoko Priyono.

"Bahwa tadi pada pukul 10.50 WIB alhamdulillah kawan-kawan RU IV Cilacap telah bisa memadamkan seluruh api di area 39," kata Djoko kepada wartawan di Cilacap, Minggu (13/6/2021).

Dia mengatakan jika semua kondisi tangki di area 39 kini dalam kondisi normal. Pendinginan masih berlangsung agar tak ada titik api lagi.

"Semuanya dalam kondisi lancar dan padam semuanya dan kami terus minor semua. Sampai hari ini kita terus lakukan pendinginan dengan foam supaya tidak ada titik api, dengan kita lakukan pengukuran-pengukuran, alhamdulillah temperatur di tangki tadi 35 derajat, artinya kita bisa pastikan bahwa dengan temperatur tersebut tidak ada auto ignition," ucapnya.

Namun demikian dengan padamnya api di tangki Pertamina RU IV Cilacap, pihaknya tetap waspada dengan lingkungan di sekitar tangki. Mereka tetap akan mewaspadai kondisi agar tak terjadi titik api kembali.

"Teman-teman RU IV tetap menjaga di lingkungan sekitar tangki supaya tidak terjadi titik api kembali," jelasnya.

Dalam kesempatan ini dia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerjasama melakukan pengamanan dan pemadaman secara ofensif sehingga api di tangki area 39 dapat padam.

"Kalau kita hitung satu setengah hari dari saat kita kejadian timbulnya api sampai betul-betul api itu padam. Memang dalam waktu cepat kemarin juga sempat dinyatakan padam. Namun ternyata ada satu titik api yang masih menyala, sehingga bisa dipadamkan secara tuntas di jam 10.50 WIB," ujarnya.

(sip/sip)