Penampakan Air Sumur Hitam Akibat Kebakaran Tangki Pertamina Cilacap

Arbi Anugrah - detikNews
Minggu, 13 Jun 2021 14:18 WIB
Cilacap -

Dampak terbakarnya tangki di Kilang Pertamina RU IV Cilacap, Jawa Tengah dirasakan warga Kelurahan Kutawaru, Kecamatan Cilacap Tengah. Air di sumur-sumur warga dan penampungan menghitam.

Seperti yang dirasakan warga Dusun Cigintung RT 01/12, air yang ada di penampungan dan sumur mereka tampak hitam. Beberapa warga telah membuangnya, karena bak penampungan digunakan kembali untuk konsumsi air minum, beberapa lainnya masih menyimpannya sebagai bukti.

Bahkan warga tidak berani mengkonsumsi air dari sumur yang telah hitam karena asap yang terbawa hujan saat tangki di Kilang Pertamina terbakar.

"Awalnya cuma kelihatan asap hitam ke atas, tapi karena hujan jadi tidak bisa keluar lihat posisinya bagaimana. Pagi-pagi air sudah hitam semuanya, terus lihat yang di sawah-sawah itu, di parit-parit itu juga hitam semua airnya. Makanya saya takutnya sumur yang tidak tertutup jelas kena dampaknya, dan pas saya cek benar, kena dampaknya airnya hitam," kata warga Dusun Cigintung, Suroto (45) saat berbincang dengan detikcom, Minggu (13/6/2021).

Dia mengungkapkan jika belum ada bantuan air bersih dari pemerintah maupun Pertamina akibat dampak hitamnya air tersebut.

Kebakaran tangki kilang Pertamina Cilacap menyebabkan air sumur warga menghitam dan tak bisa dikonsumsi, Minggu (13/6/2021).Kebakaran tangki kilang Pertamina Cilacap menyebabkan air sumur warga menghitam dan tak bisa dikonsumsi, Minggu (13/6/2021). (Foto: Arbi Anugrah/detikcom)

"Saya kan di sini sebagai linmas, bilang sama Pak RT tolonglah ini kan sudah ada dampaknya masyarakat coba cari bantuan," ujarnya.

Warga lainnya Jasiman (45) di grumbul Cigintung mengatakan juga menceritakan dampak yang sama.

"Asap hitam ke sini, di jalanan hitam airnya, sumur-sumur hitam, hujan saat itu, ya sama RT RW kelurahan dikontrol lalu disedot. Di sini ya sumurnya banyak, sumur umum di sedot kalau tidak ditutup," ujarnya.

Dia mengatakan jika dampak yang dirasakan warga Kelurahan Kutawaru banyak yang terdampak, rata-rata soal air sumur menghitam. Bahkan menurutnya air sungai hingga laut tampak hitam.

"Sungai sungai, laut hitam saya lihat pas di tepi laut. Sekarang sudah bersih, udara tidak terlalu terdampak, saat pas kejadian itu saja," jelasnya.

Di tempat terpisah, masih di Kelurahan Kutawaru, terlihat petugas BPBD Kabupaten Cilacap tengah mendroping air bersih untuk warga terdampak.