Viralkan Nenek Tawen Kerap Dimaki Anak, TikTokers Ini Minta Maaf

Robby Bernardi - detikNews
Sabtu, 12 Jun 2021 14:45 WIB
Viral kisah Nenek Tawen di Pemalang sering dicaci-maki anaknya
Nenek Tawen diviralkan kerap dicaci anak (Foto: tangkapan layar IG mintulgemintul)
Pemalang -

Video Nenek Tawen yang tampak kelelahan dan dinarasikan kerap dimaki anaknya viral di media sosial. Pengunggah video di akun TikTok belakangan minta maaf karena video tersebut membuat gaduh.

"Ia menyampaikan maafnya atas kurang kenyamanan akibat video itu. Video di TikTok sudah dihapus dan meminta maaf pada semuanya. Termasuk pada pihak keluarga juga," kata Kepala Desa Kalimas, Mujiono kepada detikcom, Sabtu (12/6/2021).

Mujiono menyebut Nenek Tawen sehari-hari tinggal bersama anak bungsunya. Dia menyebut kabar soal Nenek Tawen yang kerap dicaci anaknya berlebihan dan tidak seperti yang dibayangkan netizen.

Mujiono menyebut pengunggah video itu sebenarnya masih kerabat Nenek Tawen. Hanya saja dia merupakan perantau sehingga tidak setiap hari berinteraksi dan memahami situasi keluarga Nenek Tawen.

"Ya jadilah video viral itu. Dari pembuat video mengaku tidak menyangka jika videonya justru akan berdampak negatif. Pengakuannya (pembuat video), sebetulnya hanya ingin memberikan pesan moral, agar apapun yang terjadi, harus menyayangi orang tua kita. Bagus sih tujuanya, namun buntutnya seperti ini," sesal Mujiono.

Video tentang Nenek Tawen yang viral itu juga telah dihapus pemilik akun TikTok namun terlanjur viral. Dalam keterangannya, pemilik akun TikTok juga memposting permintaan maafnya. Tak hanya itu, TikTokers itu juga meminta maaf kepada Nenek Tawen.

"Jadi, persoalan ini sudah selesai semuanya. Hanya saja memang video yang terlanjur beredar itu tidak bisa dikendalikan. Lewat detikcom semoga menjadi klarifikasinya," harap Mujiono.

Pihaknya sendiri, berharap agar persolan ini, tidak berbuntut panjang. "Semoga selesai disini. Semuanya sudah menerima," ucapnya.

Hal senada dikatakan Kapolsek Randudongkal, AKP Trino Winarno. Trino mengaku sudah meminta keterangan pada semua pihak termasuk kepada pengunggah video TikTok yang akhirnya viral itu.

"Kita datangi semalem ke rumah nenek itu. Kita mintai keterangan semuanya, kita ngobrol sama anak, nenek, pak kades, hasilnya tidak seperti apa yang seperti di viral itu," ujar Trino saat dihubungi via telepon.

"Semuanya telah selesai. Alhamdulillah, Kondisi nenek sehat, kita sempat ketawa-ketawa, bercanda bersama, tidak ada beban pada diri nenek ini," jawabnya.

Trino meminta warganya agar tidak memperkeruh situasi. Berkaca dari kasus ini, dia pun mengingatkan untuk selalu bijak dalam bermedia sosial.

"Harapan kita, ini menjadi pelajaran bagi semua orang. Ambil hikmahnya, agar bijak dalam menggunakan sosial media. Minimal, melihat sesuatu harus dilakukan cross-cek yang benar, agar tidak ada yang saling dirugikan," pesan Trino.

Tonton juga Video: Kisah Pilu Nenek Sebatang Kara di Ciamis Tinggal di Gubuk Reyot

[Gambas:Video 20detik]



(ams/ams)