Saksi Mata Ungkap Detik-detik Kebakaran Tangki Kilang Pertamina Cilacap

Arbi Anugrah - detikNews
Jumat, 11 Jun 2021 23:04 WIB
Suasana di sekitar pintu gerbang kawasan Industri Cilacap pasca-kebakaran tangki kilang Pertamina, Jumat (11/6/2021).
Suasana di sekitar pintu gerbang kawasan Industri Cilacap pasca-kebakaran tangki kilang Pertamina, Jumat (11/6/2021). Foto: Arbi Anugrah/detikcom
Cilacap -

Tangki kilang Pertamina di Cilacap, Jawa Tengah, sempat terbakar malam ini. Seorang warga yang menyaksikan kebakaran itu mengaku sempat mendengar suara keras saat kejadian.

Salah satu warga sekitar, Ali Candra, mengatakan bahwa kejadian kebakaran tangki kilang Pertamina tersebut terjadi seusai salat Isya tadi. Saat itu tengah turun hujan lebat disertai petir.

"Ada suara keras dua kali, pas hujan deras. Apinya kelihatan dari sini, tapi jam 20.00 WIB sudah padam, kelihatan paling 200 meter. Tidak paham (ada petir atau tidak), tapi pas hujan gede," kata Ali saat ditemui wartawan, Jumat (11/6/2021).

Berdasarkan pantauan detikcom di depan pintu gerbang kawasan Industri Cilacap, Kelurahan Lomanis, Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap, terlihat sejumlah polisi dari Polres Cilacap dan petugas satpam memeriksa kendaraan yang hendak masuk ke dalam kawasan tersebut.

Di dalam kawasan tersebut lokasi menuju keberadaan tangki kilang Pertamina yang sempat terbakar malam ini. Tampak sudah tidak terlihat kobaran api.

Saat ini kondisi di sepanjang kawasan industri Cilacap terlihat sepi dan cuaca turun hujan. Tidak terlihat kendaraan pemadam kebakaran yang melintas.

Area Manager Communication, Relations & CSR RU IV Cilacap-Sub Holding Refining & Petrochemical Pertamina, Hatim Ilwan, mengatakan kebakaran terjadi pukul 19.45 WIB tadi.

"Kebakaran tangki di area Kilang Cilacap, Jawa Tengah ini terjadi pada pukul 19.45 (11/06) dan penyebab kebakaran masih belum diketahui," ujar Hatim Ilwan dalam keterangan tertulis, Jumat (11/6/2021).

Terpisah, Kabid Humas Polda Jateng Kombes Iskandar F Sutisna mengatakan, kebakaran terjadi di Tangki T39 kompleks Kilang Paracilin PT Pertamina RU IV Cilacap.

"Hasil koordinasi dengan Pertamina RU IV Cilacap dan Kapolres Cilacap, memang benar terjadi kebakaran di Tangki T39 Komplek Kilang Paracilin PT Pertamina RU IV Cilacap," kata Iskandar dalam keterangannya.

Kebakaran di tangki kilang Pertamina Cilacap saat ini telah padam. Iskandar menyebut saat kejadian, kondisi cuaca di lokasi hujan lebat.

"Cuaca di lokasi TKP hujan deras. Saat ini api sudah bisa dikendalikan dan dipadamkan sekitar pukul 21.00 WIB," kata Iskandar.

Polisi masih menyelidiki penyebab kebakaran tersebut. "Untuk penyebab masih dalam proses penyelidikan oleh pihak HSSE (Health, Safety, Security and Environmental) Pertamina RU IV Cilacap," jelas Iskandar.



Simak Video "Kobaran Api Saat Kilang Pertamina Cilacap Terbakar"
[Gambas:Video 20detik]
(rih/sip)