34 Orang Positif Corona di Plosokuning Sleman

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Kamis, 10 Jun 2021 16:50 WIB
COVID-19 Health insurance concept. Blurring of hand holding pen and Stethoscope on health form. Focus on
Ilustrasi Corona (Foto: Getty Images/iStockphoto/farosofa)
Sleman -

Penambahan kasus harian virus Corona atau COVID-19 di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terus terjadi. Dilaporkan ada puluhan warga di RT 22 RW 9 Plosokuning V, Minomartani, Ngaglik, tertular virus Corona.

Panewu Ngaglik Subagyo menyebut hingga saat ini total ada 34 kasus. Awal mula kasus diketahui pada Senin (7/6) lalu. Salah seorang warga RT 22 Plosokuning V periksa mandiri dan hasilnya terkonfirmasi positif Corona.

"Awalnya ada orang yang bergejala, terus periksa mandiri lalu ketahuan positif," kata Subagyo saat dihubungi wartawan, Kamis (10/6/2021).

Pihak Kapanewon Ngaglik kemudian bergerak untuk melakukan penelusuran kontak kasus. Hasilnya, diperoleh tambahan 10 kasus baru pada Rabu (9/6).

Kemudian, lanjut Subagyo, hari ini diumumkan lagi penambahan 23 kasus baru. Sehingga total kasus positif di Plosokuning V menjadi 34 kasus.

"Lalu hari ini (Kamis) ada tambahan 23. Jadi totalnya 34 orang (positif Corona)," ungkapnya.

Sebagian pasien saat ini sudah dievakuasi ke Fasilitas Kesehatan Darurat COVID-19 (FKDC) Rusunawa Gemawang. Sebagian lagi menjalani isolasi mandiri.

Dihubungi terpisah, Kepala Puskesmas Ngaglik I Khamidah Yuliati menyebut kasus ini bermula dari penularan di lingkup keluarga.

"Yang disampaikan ke kami itu 7 orang dalam satu keluarga itu positif. Jadi, awalnya itu dari klaster keluarga," kata Yuliati saat dihubungi hari ini.

Menurut Yuliati, kasus ini kemudian tersebar tidak hanya di satu RT saja. Kendati kebanyakan pasien merupakan warga RT 22.

"Untuk RT tersebut (RT 22), tracing sudah berhenti. Tapi kami akan menindaklanjuti kontaknya dengan 23 kasus hari ini," urainya.

Sejauh ini, proses tracing telah menyasar hingga 101 orang. Kemungkinan, proses tracing akan kembali dilanjutkan.

"Dari tracing 101 orang itu keluar yang 23 kasus positif tadi. Kemudian dari 23 itu ada yang dirujuk ke Rumah Sakit Puri Husada," pungkasnya.

(rih/sip)