Warga Kudus Positif Corona Dievakuasi ke Donohudan Tambah Jadi 429

Dian Utoro Aji - detikNews
Rabu, 09 Jun 2021 19:46 WIB
Rombongan warga Kudus positif Corona dievakuasi ke Asrama Haji Donohudan, Rabu (9/6/2021)
Rombongan warga Kudus positif Corona dievakuasi ke Asrama Haji Donohudan, Rabu (9/6/2021) Foto: Dian Utoro Aji/detikcom
Kudus -

Satgas penanganan COVID-19 Kabupaten Kudus kembali memberangkatkan seratusan warga ke Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah. Total ada lebih dari 400 warga Kudus yang kini diisolasi di Asrama Haji Donohudan.

"Pemberangkatan hari ini, kita berangkatkan ada 125 warga masyarakat konfirmasi positif yang terdiri 61 laki-laki dan 64 perempuan. Sehingga sampai dengan ini tiga angkatan kemarin, kita berarti sudah berangkatkan 304 ditambah 125 malam ini. Sehingga total yang kita berangkat ke Asrama Haji Donohudan menjalani isolasi terpusat sejumlah 429 orang," kata Plh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, Mas'ut, selepas memberangkatkan warga isolasi mandiri di Rusunawa Kudus, Rabu (9/6/2021).

Mas'ut menerangkan dengan pemberangkatan 125 orang ke Asrama Haji Donohudan itu, kini tinggal tiga orang yang menjalani isolasi di Rusunawa Kudus. Salah seorang di antaranya harus dirawat RSUD Kudus.

"Ini tertinggal ada tiga orang. Jadi berangkatkan kita screening dulu, hasilnya tidak bagus, bahkan harus kita rujuk ke rumah sakit RSUD itu masih ada, itu ada satu orang. Satu orang rujuk ke sana (RSUD Kudus), lainnya isolasi Rusunawa," jelasnya.

Mas'ut menuturkan warga yang memiliki durasi isolasi masih panjang akan diprioritaskan dievakuasi ke Donohudan. Dia pun tidak menarget jumlah warga Kudus yang bakal dikirim ke Donohudan.

"Targetnya tidak ditarget, kita upayakan sebanyak-banyaknya asalkan itu batas beberapa waktu sampaikan, masa isman panjang menjadi target kita. Itu mungkin OTG belum ada tujuh hari, kemudian yang bergejala belum 11 hari," ungkapnya.

Pantauan di lokasi, rombongan warga positif Corona itu berangkat dari Rusunawa Kudus ke Asrama Haji Donohudan, Boyolali, sekitar pukul 18.00 WIB. Rombongan tersebut dilepas Plh Dinas Kesehatan Kudus Mas'ut dan jajaran forkopimda.

Untuk diketahui, sehari sebelumnya total warga positif COVID-19 asal Kudus yang dievakuasi ke Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jateng, sebanyak 304 orang.

(ams/rih)