Curahan Hati Driver Ojol di Tengah Heboh BTS Meal McD

Ari Purnomo - detikNews
Rabu, 09 Jun 2021 17:52 WIB
Suasana Mc Donalds Solo, Rabu (9/6/2021).
Suasana Mc Donald's Solo, Rabu (9/6/2021). (Foto: Ari Purnomo/detikcom)
Solo -

Menu baru BTS Meal dari Mc Donald's (McD) berujung antrean panjang dan kerumunan driver ojek online (ojol) di berbagai daerah. Antrean panjang mau tidak mau harus dijalani oleh para driver ojol, jika tak mau mendapatkan penilaian yang tidak baik.

Salah seorang driver ojol, Koko Ardianto, mengatakan kondisi seperti merugikan pihak driver. Pasalnya, orderan tidak bisa dibatalkan dan selama orderan tidak diambil, maka driver tidak akan bisa menerima orderan baru lagi.

"Orderan ini tidak bisa di cancel jadi masih ngambang, selama masih ngambang maka tidak bisa menerima orderan lagi," kata Koko kepada wartawan, Rabu (9/6/2021).

Menurutnya, sebenarnya pihak manajemen McD bisa melakukan antisipasi untuk mencegah terjadinya kerumunan. Hanya saja menurut Koko, hal itu tidak dilakukan, sehingga pesanan semakin menumpuk dan terjadi kerumunan. Sementara, lanjut Koko, driver juga tidak bisa meninggalkan lokasi sehingga terjadilah kerumunan driver ojol.

"Ini ada promo BTS Meal dari McD sebenarnya pihak manajemen bisa menghandle. Misalkan 50 orderan dimatikan dulu aplikasinya, selesaikan dulu baru 50 lagi. Tapi ini sepertinya tidak, jadi diterima semua orderan," ungkapnya.

Driver ojol lainnya, Putro, mengatakan sebaiknya pihak restoran yang menghadirkan promosi juga mengantisipasi dengan menjaga protokol kesehatan (prokes).

"Tadi nunggu sejak pukul 10.00 WIB dan ternyata seluruh pesanan dibatalkan dari pusat. Dengan pembatalan ini akan berpengaruh terhadap performa kerja," katanya.

Padahal, katanya, performa sangat berpengaruh terhadap kemudahan dalam mendapatkan orderan. Maka dari itu, jika performanya kurang bagus maka akan lebih sulit untuk mendapatkan orderan baru.

"Performa kinerja ini berpengaruh terhadap kemudahan dalam mendapatkan orderan. Karena yang dihadapi adalah aplikasi bukan manusia, kalau manusia kan ada kemakluman," ungkapnya.

Lihat Video: Satpol PP Jakbar Tutup Sementara 5 Gerai McD terkait Kerumunan BTS Meal

[Gambas:Video 20detik]




(sip/rih)