Antrean BTS Meal Picu Kerumunan, Polisi Tegur McD Solo

Ari Purnomo - detikNews
Rabu, 09 Jun 2021 16:10 WIB
Kerumunan yang terjadi di gerai makanan cepat saji McD, Jalan Slamet Riyadi, Solo, Jawa Tengah, Rabu (9/6/2021).
Kerumunan yang terjadi di McD, Jalan Slamet Riyadi, Solo, gegara promo BTS Meal, Rabu (9/6/2021). Foto: Ari Purnomo/detikcom
Solo -

Antrean menu BTS Meal memicu kerumunan di restoran cepat saji McDonald's (McD), Jalan Slamet Riyadi, Solo, Jawa Tengah. Polisi pun melayangkan teguran ke pihak manajemen McD.

"Iya promo BTS Meal di McD jalan Slamet Riyadi, tadi pukul 12.30 WIB sudah kita coba untuk mengurai kerumunan ojol yang mengantre di sana, namun tetap berkerumun, kami nilai manajemen tidak siap mengantisipasi ini," kata Kapolresta Solo Kombes Ade Safri Simanjuntak kepada detikcom, Rabu (9/6/2021).

Akibat banyaknya driver ojek online yang berkerumun di lokasi, maka tim gabungan dari Polisi, TNI, Satpol PP dan PPKM Mikro kelurahan membubarkannya. Polisi juga memberikan teguran kepada manajemen McD karena dinilai tidak siap mengantisipasi kejadian ini.

"Kami nilai manajemen tidak siap mengantisipasi ini sehingga ketika respons masyarakat tinggi pihak manajemen tidak siap dalam mengantisipasi antrean yang terjadi sehingga akibatkan kerumunan. Terpaksa kita bubarkan kerumunan melanggar prokes tersebut, dan sudah kita tegur pihak manajemen," ujarnya.

"Kerumunan sangat rentan dengan penyebaran kasus COVID-19. Teguran akan ikuti perkembangan, kalau terulang akan ambil tindakan lebih tegas dari itu untuk keselamatan masyarakat," tuturnya.

Mengingat, saat ini kondisi kasus COVID-19 di Kota Solo masih fluktuatif, sehingga adanya potensi kerumunan yang bisa menimbulkan klaster baru harus diantisipasi.

"Sambil nanti proses berjalan pihak manajemen mengatur kembali antrean dan seterusnya, karena saat ini kita masih di tengah pandemi Kota Solo masih fluktuatif, dan keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi," ucapnya.

Ade juga menyebut pihaknya sudah menyampaikan ke manajemen agar menyampaikan kepada McD pusat terkait promo BTS Meal yang ditawarkan. Tujuannya agar ke depan promo yang ditawarkan tidak sampai menimbulkan kerumunan.

"Pihak manajemen agar kembali koordinasi dengan pusat agar mengatur kembali bagaimana sistem antrean agar tidak terjadi kerumunan terkait harga yang ditawarkan gerai makanan tersebut," katanya.

Sementara itu, Kapolsek Banjarsari Kompol Djoko Satrio mengatakan, usai terjadinya kerumunan pihaknya menyampaikan kepada manajemen McD agar menghentikan program promo BTS Meal tersebut.

"Saya sampaikan ke manajemen McD agar promo itu ditutup saja, karena antusiasme masyarakat dan animo masyarakat punya potensi kerumunan," ujar Djoko.

"Hari ini saja sudah seperti itu, besok lagi sudah tidak boleh lagi ada yang menawarkan promo dari McD. Tadi sudah saya tutup (promonya), dan tinggal pelayanannya," imbuhnya.

Sedangkan untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan kembali terjadi di McD, tim gabungan pun disiagakan di lokasi.

"Ada penjagaan di lokasi, banyak petugasnya dari Satpol PP, dari Polres, Babinsa, ada semua," pungkasnya.

Lihat Video: Kericuhan Driver Ojol di McD Duren Sawit karena Antrean BTS Meal

[Gambas:Video 20detik]



(rih/sip)