Kronologi Pria Bergolok Ngamuk Maki Polisi-Pukuli Gerbang Polresta Yogya

Heri Susanto - detikNews
Selasa, 08 Jun 2021 18:59 WIB
Yogyakarta -

Seorang pria berinisial K (40) warga Tuban, Jawa Timur, menggegerkan Mapolresta Yogyakarta siang tadi. Dengan membawa senjata golok ia berjalan mondar-mandir, berteriak memaki polisi dan memukul gerbang Polresta Yogyakarta dengan golok.

Berikut ini kronologi lengkap kejadiannya:

Selasa, 8 Juni 2021

Pukul 14.15 WIB

Salah seorang saksi, Tunggul, menceritakan pelaku berjalan dari arah Malioboro ke barat dengan menenteng golok. Pelaku berjalan mondar-mandir dari timur ke barat.

Pukul 14.30 WIB

Pelaku berhenti di depan gerbang sebelah timur Mapolresta Yogyakarta. Pelaku sempat akan masuk gerbang sebelah timur. Tahu pelaku membawa golok, polisi lalu dengan cepat menutup pintu gerbang.

Pukul 14.35 WIB

Pelaku kembali berjalan ke arah barat menuju Jalan Bayangkara. Petugas SPK yang berada di pos penjagaan mengejar pelaku dan tanpa perlawanan berarti pelaku berhasil diamankan.

Pukul 15.00 WIB

Kasubbag Humas Polresta Yogyakarta AKP Timbul Sasana Raharja menjelaskan, pelaku langsung dibawa ke Satreskrim Polresta Yogyakarta. Hasilnya, ada dugaan pelaku gangguan jiwa dengan ciri-ciri linglung.

Timbul menerangkan pria bergolok yang mengamuk di kantornya itu masih diperiksa polisi. Salah satu pengakuan pria bergolok yang mengamuk di Mapolresta Yogyakarta itu adalah mendengar bisikan suara-suara.

"Dia mendengar suara-suara yang akhirnya nekat melakukan tindakan yang bisa membahayakan orang lain," kata Timbul.

Pukul 17.15 WIB

Situasi di Mapolresta Yogyakarta sudah berangsur normal kembali. Timbul menegaskan, pihaknya sebagai aparat hukum tetap berhati-hati tapi tidak sampai harus ketakutan. Apalagi hingga mengganggu aktivitas kinerja sehari-hari.

"Sudah terkondisi, kok," kata Timbul sore tadi.

"Imbauan dari atasan kami memang diminta berhati-hati saja," jelasnya.

(sip/rih)