Ini Tampang Pria Bergolok yang Ngamuk di Polresta Yogyakarta

Heri Susanto - detikNews
Selasa, 08 Jun 2021 17:44 WIB
Pria bergolok ngamuk pukuli gerbang Mapolresta Yogyakarta, Selasa (8/6/2021).
Pria bergolok mengamuk dengan memukuli gerbang Mapolresta Yogyakarta, Selasa (8/6/2021). (Agus Septiawan/detikcom)
Yogyakarta -

Seorang pria bergolok mengamuk dan memaki-maki polisi di Polresta Yogyakarta siang tadi. Pria berinisial K (40), warga Tuban, Jawa Timur, itu sudah diamankan dan kini dimintai keterangan.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 14.00 WIB tadi. Pria itu langsung diamankan petugas dan dibawa ke ruang pemeriksaan.

Pantauan di lokasi, pria itu berambut keriting dengan panjang sebahu, berkumis, dan berjenggot pendek. Dia memakai topi, berpakaian warna merah lusuh, dan bercelana pendek.

Pria itu juga bertelanjang kaki sambil mengacung-acungkan golok ke arah polisi. Pria berperawakan kurus itu lalu berjalan mengarah ke gerbang Polresta Yogyakarta.

Kasubag Humas Polresta Yogyakarta AKP Timbul Sasana Raharja menjelaskan, saat ini pihaknya sedang melakukan pemeriksaan terhadap pria tersebut. Pria bergolok yang mengamuk di Polresta Yogyakarta itu diduga berhalusinasi sehingga nekat melakukan aksinya.

"Berhasil diamankan petugas tanpa penembakan. Dia membawa golok, lalu dipukul-pukulkan ke gerbang. Pengakuan pelaku kepada petugas, dugaan sementara karena pria tersebut sedang berhalusinasi. Dia mendengar suara-suara yang akhirnya nekat melakukan tindakan yang bisa membahayakan orang lain," kata Timbul kepada wartawan di Yogyakarta, Selasa (8/6/2021).

Timbul menyebut, meski pelaku diduga mengalami gangguan jiwa, petugas Polresta Yogyakarta masih mengamankan pelaku. Polisi saat ini masih memeriksa pelaku untuk mendapatkan keterangan lengkap.

Diberitakan sebelumnya, seorang pria tidak dikenal diduga menyerang markas Polresta Yogyakarta, pada Selasa, (8/6) siang. Pria tersebut mengamuk dengan menenteng senjata tajam berupa golok.

Berdasarkan keterangan saksi mata, Tunggul (29), pria tersebut datang dari arah timur dengan berjalan kaki. Begitu sampai di depan gerbang Mako Polresta Yogyakarta, pria itu memukul-mukulkan goloknya ke gerbang.

"Setelah memukul-mukul gerbang, dia (pelaku) sempat jalan beberapa meter dan berhasil ditangkap petugas," kata Tunggul saat dimintai keterangan.

(ams/sip)