Polisi Ungkap Ada 2 Korban Lain dari Pembunuhan Berantai Kulon Progo

Jalu Rahman Dewantara - detikNews
Kamis, 03 Jun 2021 16:03 WIB
Kasat Reskrim Polres Kulon Progo AKP Munarso, Kamis (3/6/2021).
Kasat Reskrim Polres Kulon Progo AKP Munarso, Kamis (3/6/2021). Foto: Jalu Rahman Dewantara/detikcom
Kulon Progo -

Polisi mengungkap adanya korban lain dalam kasus pembunuhan dua wanita muda di Kulon Progo yang dilakukan oleh tersangka NAF (22). Korban lainnya berjumlah dua orang perempuan berhasil selamat.

"Ya memang ada korban lain, yaitu berinisial C, warga Kulon Progo dan R, warga Purworejo. Keduanya selamat dan telah kami jadikan saksi dalam kasus ini," ungkap Kasat Reskrim Polres Kulon Progo AKP Munarso kepada wartawan di Wates, Kulon Progo, Kamis (3/6/2021).

Munarso menjelaskan korban selamat yang pertama adalah R. R, kata Munarso, pernah diajak tersangka untuk makan soto di sebuah warung makan di Kulon Progo. Saat itu tersangka mencampurkan soto milik R dengan obat sakit kepala. Tujuannya agar korban teler dan bisa diambil harta bendanya.

Cara itu sama seperti saat tersangka menghabisi nyawa dua korban yaitu Dessy Sri Diantary (22) warga Wates, Kulon Progo dan Takdir Sunariati (21) warga Pengasih, Kulon Progo.

"Namun korban (R) saat mencicip merasa soto itu aneh sehingga tak dimakan. Andaikan makan mungkin meninggal dunia," ujarnya.

"Dan pada saat itu kejadian pencurian sempat terjadi. Korban R HP-nya sudah pindah di saku pelaku, karena sadar akhirnya diambil kembali," imbuhnya.

Munarso menerangkan korban selamat kedua adalah C. Modus yang digunakan tersangka kali ini mengajak C jalan-jalan, dengan niat mencari tempat sepi untuk bisa mengambil harta benda milik korban.

Beruntung aksi itu urung terlaksana karena tersangka gagal menemukan tempat yang diinginkan, ditambah C memaksa pulang ke rumah lantaran telah dihubungi ibunya.

"Menurut analisa kami aksi ini gagal karena tersangka belum temukan tempat sepi mengingat saat itu (waktu jalan-jalan) siang hari dan si C ini sudah ditelepon ibunya agar cepat pulang," jelasnya.

Dua korban itu, kata Munarso, tak melapor ke polisi. Kendati begitu pihaknya tetap memberikan atensi pada kasus ini karena berdasarkan pengakuan tersangka saat proses pemeriksaan ada unsur yang mengarah ke tindakan kriminal.

"Sesuai dengan pengakuan pelaku memang ada niatan untuk hal tersebut," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, pemuda asal Tawangsari, Pengasih, NAF, ditetapkan sebagai tersangka atas kasus pembunuhan dua wanita muda di Kulon Progo. Korban pertama bernama Dessy Sri Diantary (22) yang dihabisi di Wisma Sermo Karangsari, Pengasih, Kulon Progo, pada Selasa (23/3/2021). Sementara korban kedua Takdir Sunariati (21) dibunuh di dalam kantor Dermaga Wisata Pantai Glagah, Jumat (2/4/2021) malam.

Motif pelaku membunuh karena ingin menguasai harta korban. Setelah menghabisi nyawa korbannya, NAF diketahui mengambil telepon genggam, perhiasan dompet dan motor milik para korban.

Lihat juga Video: Polisi Beberkan Kronologi Pembunuhan Wanita di Hotel Menteng

[Gambas:Video 20detik]




(rih/ams)