Kerap Langgar Prokes, Alun-alun Kidul Solo Jadi Sasaran Rapid Antigen

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Senin, 31 Mei 2021 21:51 WIB
Satgas COVID-19 Solo menggelar rapid test antigen dadakan di Alun-alun Kidul Solo, Senin (31/5/2021).
Satgas COVID-19 Solo menggelar rapid test antigen dadakan di Alun-alun Kidul Solo, Senin (31/5/2021). Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo -

Tim gabungan Satgas COVID-19 Solo menggelar rapid test antigen dadakan di Alun-alun Kidul Solo malam ini. Lokasi ini menjadi sasaran rapid test karena sering ditemukan pelanggaran protokol kesehatan (prokes).

Terlihat aparat kepolisian dan Satpol PP bersiaga di sisi utara lapangan dan melakukan operasi yustisi penegakan protokol kesehatan. Sejumlah pedagang dan pengunjung Alun-alun Kidul Solo yang tidak mengenakan masker langsung didata oleh petugas.

Para pelanggar kemudian harus mengikuti rapid test antigen oleh tim Dokkes Polresta Solo dan Dinas Kesehatan Kota Solo. Total ada 67 orang yang terjaring operasi.

"Banyak laporan masyarakat banyaknya pelanggaran prokes di sini. Sebetulnya sebelumnya Polresta Solo sudah melakukan operasi tapi dengan tim gabungan baru sekali ini," kata Kabag Ops Polresta Solo, Kompol I Ketut Sukarda, di sela-sela operasi, Senin (31/5/2021).

Menurutnya, keramaian di Alun-alun Kidul Solo sering terjadi pada malam hari libur. Seperti hari ini, pengunjung tampak ramai karena besok merupakan libur Hari Lahir Pancasila.

"Biasanya malam Minggu atau hari libur selalu ramai. Bukannya kita melarang, tapi yang tidak boleh itu berkerumun dan tidak memakai masker," ujarnya.

Dalam operasi kali ini tidak ditemukan satu pun pelanggar prokes yang menunjukkan hasil tes positif. Sukarda mengatakan operasi akan terus digelar secara rutin.

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka juga menyoroti pelanggaran protokol kesehatan di Alun-alun Kidul Solo. Hal itu menjadi salah satu pembahasan dalam rapat koordinasi penanggulangan COVID-19 di Balai Kota Solo hari ini.

"Alun-alun itu yang paling sering, pada nggak pakai masker, buka masker, bawa anak kecil," kata Gibran.

Menurutnya, tim gabungan akan memperketat pengawasan di tempat-tempat keramaian. Bahkan tim akan menggelar rapid test antigen dadakan.

"Seperti kemarin itu kan kita lakukan juga di Pasar Klitikan. Nanti tempat keramaian akan kita lakukan tes swab secara mendadak," ujarnya.

(bai/rih)