Kasus Corona Klaster Kampung Jokowi Akhirnya Nol, Isolasi Dibuka

Ari Purnomo - detikNews
Senin, 31 Mei 2021 17:10 WIB
Pembukaan isolasi wilayah terkait kasus virus Corona klaster kampung Jokowi, Solo, Senin (31/5/2021).
Pembukaan isolasi wilayah terkait kasus virus Corona klaster kampung Jokowi, Solo, Senin (31/5/2021). (Foto: Ari Purnomo/detikcom)
Solo -

Kasus virus Corona atau COVID-19 dari klaster kampung Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kelurahan Sumber, RT 06 RW 07, Kecamatan Banjarsari, Solo, dilaporkan sudah sembuh semua. Kampung Jokowi yang sebelumnya diisolasi mulai hari ini kembali dibuka.

Plt Lurah Sumber, Supiyanto, mengatakan seluruh warga yang sebelumnya sempat terpapar virus Corona saat ini sudah sembuh semua.

"Sudah tidak ada kasus baru lagi, semua warga yang sempat terkena COVID-19 sudah sembuh dan karantina wilayah sudah dibuka," kata Supiyanto kepada wartawan di Sumber, Senin (31/5/2021).

Dengan dibukanya isolasi wilayah gegara klaster buka bersama tersebut, maka saat ini warga sudah bisa beraktivitas seperti biasanya. Meski begitu, warga tetap diimbau untuk menjaga protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari.

"Agar warga tetap mematuhi protokol kesehatan, dan pandemi COVID-19 bisa segera reda, semua warga bisa hidup normal kembali," ucapnya.

Pembukaan isolasi wilayah ini sekaligus menandai bahwa wilayah tersebut sudah kembali ke zona hijau dan bukan zona merah lagi.

"Wilayah ini sudah menjadi zona hijau, sebenarnya zero kasus COVID-19 sudah sejak Jumat lalu, tetapi kami harus hati-hati dan waspada. Dan sampai saat ini tidak ada penambahan lagi, akhirnya kami buka," tuturnya.

Seperti diketahui, kasus COVID-19 dari klaster buka bersama di kampung Jokowi sempat meluas hingga jumlah kasus mencapai 52 kasus.

Meluasnya kasus tersebut membuat pemerintah kelurahan melakukan isolasi wilayah pada 12 Mei dan diperpanjang hingga akhirnya dibuka hari ini.

"Ada satu warga yang masih dirawat di RSJ, karena dia punya penyakit bawaan epilepsi. Dan ini sudah lebih dari 14 hari," pungkasnya.

Tonton video 'Update Corona RI 31 Mei: Kasus Positif Tambah 5.662':

[Gambas:Video 20detik]



(rih/sip)