BPPTKG Cek CCTV Terkait Viral Meteor Jatuh di Puncak Merapi, Ini Hasilnya

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Jumat, 28 Mei 2021 20:27 WIB
Yogyakarta -

Foto yang disebut meteor jatuh di puncak Gunung Merapi viral di media sosial hari ini. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) angkat bicara.

Kepala BPPTKG Hanik Humaida menjelaskan kilatan cahaya itu sempat terekam CCTV yang berada di Deles, Klaten, Jawa Tengah.

"Sehubungan dengan beredarnya berita tersebut, dapat kami sampaikan bahwa kamera CCTV yang berada di Deles (sisi timur Gunung Merapi) sempat merekam kilatan cahaya pada tanggal 27 Mei 2021 pukul 23.08.10 WIB," kata Hanik kepada wartawan, Jumat (28/5/2021).

Hanik menjelaskan, saat kejadian tidak ada sinyal kegempaan yang signifikan. Selain itu, tidak ada laporan suara dentuman atau semacamnya.

"Tidak terdapat sinyal yang signifikan dari data kegempaan dan tidak dilaporkan terdengar suara atau terlihat kilatan cahaya dari pos-pos pemantauan Gunung Merapi," jelasnya.

Hanik menegaskan, BPPTKG tidak bisa memastikan kilatan cahaya itu. Sebab, tugas BPPTKG, kata Hanik, bukan mengamati benda langit.

"Salah satu tugas BPPTKG-PVMBG-Badan Geologi adalah melakukan mitigasi Gunung Merapi, namun kami tidak memiliki tugas untuk mengamati benda langit sehingga kami tidak bisa memastikan benda apa yang terlihat dalam gambar tersebut," tegasnya.

Sebelumnya, media sosial Twitter dihebohkan dengan beredarnya foto kilatan cahaya yang disebut meteor jatuh di puncak Gunung Merapi.

Foto tersebut beredar salah satunya di akun Twitter @merapi_undercover pada Jumat (28/5). Dilihat detikcom pada pukul 17.52 WIB postingan itu telah disukai sebanyak 24 ribu kali dan mendapat balasan 721 orang.

"Meteor Jatuh di Puncak Gunung Merapi, Kali Adem, Cangkringan, Yogyakarta(27 Mei 2021)
📸: Gunarto_song," tulis akun @merapi_uncover, Jumat (28/5/2021).

(rih/mbr)