Nakhoda Diversi, Proses Hukum Pemilik Perahu Maut Kedungombo Tetap Lanjut

Ragil Ajiyanto - detikNews
Kamis, 27 Mei 2021 15:37 WIB
Polres Boyolali telah menetapkan dua orang menjadi tersangka dalam insiden yang mengakibatkan 9 orang tewas itu serta sejumlah barang bukti.
Jumpa pers kasus perahu terbalik di Waduk Kedungombo. Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom
Boyolali -

Proses hukum nakhoda perahu terbalik yang menewaskan sembilan penumpang di Waduk Kedungombo, Boyolali, diselesaikan dengan mekanisme diversi. Sementara seorang tersangka lainnya yakni pemilik perahu dan warung apung, Kardiyo HS, proses hukumnya terus berjalan.

"Tersangka dua (Kardiyo HS) sesuai prosedur kita lanjutkan," ujar Kapolres Boyolali, AKBP Morry Ermond, kepada detikcom, Kamis (27/5/2021).

Morry Ermond mengatakan, tersangka Kardiyo HS, saat ini masih dalam penyidikan petugas. Pemilik warung apung Gako dan juga pemilik perahu yang terbalik tersebut, dijerat Pasal 76i Undang-Undang nomor 35 tahun 2014 tentang perubahan atas UU nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak dan Pasal 359 KUHP.

"Masih (dalam penyidikan), on the track," tegas Morry.

Untuk diketahui, diversi kepada nakhoda perahu terbalik, G (13), telah dilakukan tanggal Senin (24/5) di Mapolsek Juwangi. Proses diversi itu dihadiri tersangka G, orang tua G, Bapas, Dinas Sosial, penyidik PPA Polres Boyolali dan dari pihak keluarga korban.

Diversi dilakukan karena tersangka G masih di bawah umur. Sesuai Undang-Undang, untuk usia di bawah 15 tahun harus dilakukan diversi.

Diberitakan sebelumnya, Polres Boyolali menetapkan dua orang tersangka dalam insiden perahu terbalik di Waduk Kedungombo (WKO). Yaitu, G (13), yang merupakan nahkoda perahu saat kejadian dan Kardiyo HS, pemilik warung apung dan perahu tersebut.

Kardiyo ditetapkan sebagai tersangka, karena memperkerjakan anak dibawah umur, yakni G, yang merupakan keponakannya. Kardiyo yang meminta G mengemudikan perahu tersebut untuk menjemput dan mengantar konsumen warung apung Gako miliknya.

Peristiwa nahas itu terjadi pada Sabtu (15/5) lalu. Sebuah perahu wisata bermuatan sekitar 20 orang terbalik di Waduk Kedungombo, Dukuh Bulu, Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu, Kabupaten Boyolali, sekitar pukul 12.00 WIB,

Mereka hendak menuju warung apung Gako. Namun ketika hendak sampai, perahu terbalik. 11 orang berhasil diselamatkan dan 9 orang tewas tenggelam.

Tonton juga Video: Terkuak! Insiden Perahu Terbalik di Kedungombo Bukan Gegara Selfie

[Gambas:Video 20detik]



(rih/rih)