Update Terkini Kasus Pemobil ABG Tabrak Polisi di Pos Penyekatan Klaten

Achmad Syauqi - detikNews
Rabu, 19 Mei 2021 16:36 WIB
Barang bukti mobil VW Beetle yang digunakan pemobil ABG terobos penyekatan dan tabrak polisi di Pos Prambanan, Klaten. Mobil ini dihadirkan saat jumpa pers di Mapolres Klaten, Senin (10/5/2021).
Barang bukti mobil VW Beetle yang digunakan pemobil ABG terobos penyekatan dan tabrak polisi di Pos Prambanan, Klaten (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Polisi telah merampungkan berkas pemeriksaan AD (16) pemobil ABG yang menerobos dan menabrak polisi di pos penyekatan pemudik Prambanan, Klaten. Saat ini polisi masih menunggu rekomendasi Balai Pemasyarakatan (Bapas) Klaten terkait diversi.

"Sementara proses, penelitian oleh Bapas, tinggal menunggu rekomendasi Bapas. Sementara tidak ditahan," ujar Kasat Reskrim Polres Klaten AKP Andriansyah Rithas Hasibuan pada detikcom di Mapolres Klaten, Rabu (19/5/2021).

"Tunggu rekomendasi saja. Apakah nanti diversi atau bagaimana kita akan ikuti," lanjut Andriansyah.

Andriansyah menuturkan tersangka AD dalam kondisi sehat dan tidak didampingi psikolog. Sehingga pihaknya tinggal menunggu hasil rekomendasi dari Bapas soal diversi.

"Tidak didampingi psikolog, kondisinya sehat. BAP sudah selesai, kalau nanti direkomendasikan diversi ya diversi tapi kalau tidak tetap kita lanjutkan," jelas Andriansyah.

Lantas bagaimana kabar polisi yang ditabrak AD? Ternyata korban AD, Bripka Gandung Pujianto, kini diganjar penghargaan oleh Polres Klaten. Penghargaan itu diberikan kepada polisi yang dinilai berprestasi selama penyekatan arus mudik.

"Begitu juga aksi-aksi heroik dari teman-teman Brimob, baik itu yang melakukan pengejaran maupun yang melakukan penangkapan. Saya mengucapkan terimakasih kepada rekan-rekan atas dedikasinya," tutur Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu.

Edy menerangkan 7 personel Satbrimobda Polda Jateng dan satu personel Polres Klaten menerima penghargaan ini. Edy menyebut personel Brimob tersebut turut membantu mengejar dan menangkap pelaku, sedangkan Bripka Gandung terserempet mobil hingga terpental saat menjalankan tugas.

"Selain anggota Brimob, ada anggota Polres yang terserempet. Kedelapan anggota berprestasi ini akan diusulkan mendapatkan penghargaan di tingkat Polda Jateng," terang Edy Suranta.

Para penerima penghargaan tersebut yakni Iptu Nuril As'adi, Bripka Hannif Nur Rozaq, Bripda Ilham Buyung, Bripda Faiq Nurrohman, Bripda Rizki Eka P, Bripda Ilham Hanafi dan Bripka Gandung Pujianto. Dia menurutkan peristiwa di Prambanan itu akan menjadi evaluasi.

"Peristiwa penerobosan kendaraan saat penyekatan harus dijadikan evaluasi untuk kegiatan kepolisian selanjutnya. Setiap kerawanan sekecil apapun agar benar-benar dipetakan dan dicarikan upaya untuk mengantisipasinya," terang Edy.

Bripka Gandung, polisi yang ditabrak pemobil ABG di pos penyekatan pemudik di Prambanan, Klaten diganjar penghargaanBripka Gandung, polisi yang ditabrak pemobil ABG di pos penyekatan pemudik di Prambanan, Klaten diganjar penghargaan Foto: Achmad Syauqi/detikcom

Sebelumnya diberitakan, seorang pengendara mobil AD (16) menerobos dan menabrak polisi saat hendak diperiksa di pos penyekatan pemudik jalan Yogya-Solo, Kecamatan Prambanan, Klaten. Siswa sebuah SMAN di Klaten itu diamankan dan telah ditetapkan sebagai tersangka di bawah umur oleh penyidik Polres Klaten.

"Iya sudah tersangka, cuma tersangka di bawah umur," kata Kasat Reskrim Polres Klaten AKP Andriansyah Rithas Hasibuan kepada wartawan di kantornya, Senin (10/5).

Simak Video: Pemobil ABG yang Tabrak Polisi di Pos Penyekatan Jadi Tersangka

[Gambas:Video 20detik]



(ams/mbr)