Round-Up

Fakta-fakta Terbaru Perahu Terbalik di Kedungombo Tewaskan 9 Penumpang

Ragil Ajiyanto - detikNews
Rabu, 19 Mei 2021 09:35 WIB
Boyolali -

Perahu terbalik di Waduk Kedungombo (WKO) Boyolali, mengakibatkan 9 orang penumpang tewas dan 11 selamat. Dua orang ditetapkan tersangka, termasuk bocah 13 tahun yang menjadi nakhoda. Terungkap juga fakta baru penyebab perahu terbalik.

Dua tersangka adalah pengemudi perahu motor yang terbalik, berinisial G (13) dan Kardiyo HS (52), pemilik warung apung Gako sekaligus pemilik perahu tersebut. Kardiyo memang menyiapkan perahu untuk mengantar jemput konsumennya ke warung.

Menurut Kapolres, dari hasil pemeriksaan baik terhadap tersangka G maupun penumpang selamat, sebenarnya G telah melarang ketika sudah ada 14 orang yang naik perahu tersebut. Namun para penumpang memaksa ikut naik sekaligus.

Kapolres menyatakan, perahu itu kemungkinan karena over kapasitas. Perahu yang kapasitas maksimal hanya 14 orang, diisi hingga 20 orang, belum termasuk nakhodanya.

"Karena pada saat perahu mulai berangkat dari daratan, dari video yang beredar, garis tepi permukaan air dengan tepi atas perahu sudah sangat sedikit sekali. Sehingga ada riak saja air sudah masuk," jelasnya.

Sebelumnya, perahu terbalik diduga karena banyak penumpang di depan yang foto selfie. Sehingga perahu menjorok ke depan, air masuk dan akhirnya terbalik.

Kapolres mengatakan, keterangan bahwa sebelum perahu terbalik para penumpang banyak yang berdiri untuk foto selfie itu mengutip keterangan awal dari G, saat dimintai keterangan petugas di TKP, sesaat setelah kejadian.

"Kemungkinan G berasumsi bawah penumpang yang ada di depan itu berfoto. Karena posisi tersangka (G) ada di belakang. Sementara kenyataannya bukan melakukan swafoto, tetapi karena panik air di bagian depan itu masuk ke dalam perahu," kata Morry.

(mbr/mbr)