Unik! Kambing di Kulon Progo Ini Punya 7 Kaki dan 2 Kelamin

Jalu Rahman Dewantara - detikNews
Selasa, 18 Mei 2021 11:17 WIB
Kulon Progo -

Seekor kambing di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) baru-baru ini menyita perhatian masyarakat. Pasalnya di tubuh kambing ini tumbuh tujuh kaki serta dua kelamin.

Kambing dengan kondisi tubuh tak lazim itu bisa ditemui di kawasan Pesisir Pantai Bugel, tepatnya wilayah Ring 1, Dusun Bugel I, Kalurahan Bugel, Kapanewon Panjatan. Dipelihara oleh Sumiyono, 40, warga setempat, kambing berbulu putih itu kini menginjak usia sekitar satu bulan.

"Kurang lebih sekarang usianya satu bulan, lahirnya pas pertengahan bulan puasa kemarin," kata Sumiyono saat ditemui di rumahnya, Selasa (18/5/2021).

Sekilas kambing ini terlihat seperti kambing normal lainnya. Namun jika diperhatikan seksama, nampak tujuh buah kaki yang tumbuh di tubuh kambing tersebut. Empat kaki tumbuh normal dan berfungsi dengan baik. Sedangkan tiga kaki lainnya menempel di bagian belakang tubuh kambing ini.

Tak hanya itu, kambing yang oleh sang pemilik diberi nama Nanang Samudra ini juga memiliki dua buah kelamin, yakni jantan dan betina. "Awalnya saya tidak sadar ya, tapi setelah diperhatikan ternyata ada dua kelaminnya, tapi yang berfungsi hanya yang kelamin jantan," ucap Sumiyono.

Pria yang saban hari bekerja sebagai petani ini mengaku tak menyangka Nanang Samudra memiliki kondisi tubuh tak lazim. Sebab sebelum lahir, induk kambing ini tak menunjukkan gelagat aneh.

"Tidak ada yang aneh sih, tau-tau lahir aja gitu terus kan yang lahir dua tuh, nah satunya saya lihat kok punya tujuh kaki sama dua kelamin gitu," ujarnya.

Meski lahir dengan kondisi tak lazim, Sumiyono memastikan Nanang Samudera tumbuh dengan normal. Bahkan menurutnya anakan kambing ini jauh lebih lincah dan aktif dibandingkan kambing-kambing lain miliknya.

"Nanang ini malah yang paling lincah, dan paling deket sama keluarga, kalau kami lagi di kandang dia suka tiba-tiba mendekat," ucapnya.

Kendati begitu proses perawatan Nanang agak berbeda dengan kambing lain milik Sumiyono, terlebih soal cara memberi asupan makan.

Sumiyono mengungkapkan saat ini Nanang masih mengkonsumsi susu dari induknya. Namun sang induk kata dia seakan enggan memberikan susu tersebut. Berbeda dengan anak-anak kambing lainnya dari indukan yang sama dengan kondisi tubuh normal. Bahkan tak jarang sang induk seperti hendak menginjak Nanang ketika sedang menyusui.

"Beberapa kali si Nanang ini mau diinjak, beda banget perlakuannya dengan anak kambing saya yang lain, maka dari itu jika mau nyusu saya arahin langsung. Saya juga kasih susu formula khusus buat Nanang," ungkapnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya...

Selanjutnya
Halaman
1 2