Round-Up

Perahu Terbalik di Kedungombo: 8 Orang Diperiksa, 2 Berpotensi Tersangka

Ragil Ajiyanto - detikNews
Selasa, 18 Mei 2021 08:51 WIB
Proses pencarian korban perahu terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Minggu (16/5/2021).
Proses pencarian korban perahu terbalik di Waduk Kedungombo, 16/5/2021. (Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom)
Boyolali -

Delapan orang diperiksa Polres Boyolali terkait kejadian perahu terbalik di Waduk Kedungombo (WKO) yang menewaskan 9 orang. Dua di antaranya berpotensi menjadi tersangka.

"Terkait kejadian kecelakaan air di Waduk Kedungombo, kita telah memeriksa delapan orang saksi," kata Kasat Reskrim Polres Boyolali, AKP Eko Marudin, Senin (17/5).

Delapan orang yang diperiksa tersebut adalah pengemudi perahu, pemilik warung apung, ketua RT setempat, Kepala Dusun, Kepala Desa Wonoharjo. Kemudian dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juwana dan Karang Taruna setempat.

"Dari pemeriksaan kita mengarah untuk dua orang tersangka. Berpotensi bisa jadi tersangka," ujarnya. "Yang pertama, yang mengemudikan perahu, kita sangkakan Pasal 359 KUHP, karena lalainya mengakibatkan orang lain meninggal dunia," lanjuitnya.

Seperti diketahui, saat kejadian perahu terbalik tersebut dinakhodai atau dikemudikan oleh anak yang masih di bawah umur. Yaitu berinisial G, usia 13 tahun.

"Kedua (yang berpotensi jadi tersangka), pemilik warung apung. Itu kan yang menyuruh si anak (G) untuk bekerja mengangkut penumpang itu. Sedangkan anak ini masih di bawah umur. Jadi bisa kita kenakan pasal memperkerjakan anak di bawah umur," papar dia.

Terkait penanganan pemeriksaan terhadap pengemudi perahu yang masih di bawah umur, Eko mengatakan, dalam pemeriksaan pihaknya akan minta pendampingan dari Bapas.

Simak video 'Perahu Terbalik di Kedungombo Gegara Selfie, 6 Orang Tewas-3 Hilang':

[Gambas:Video 20detik]






Selanjutnya: pelanggaran-pelanggaran lain dalam kasus tersebut

Selanjutnya
Halaman
1 2